5 Cara Jitu Membuka Bisnis dari Rumah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 25 Desember 2022
0 dilihat
5 Cara Jitu Membuka Bisnis dari Rumah
Bisnis rumahan merupakan jenis bisnis apapun yang mana lokasinya bertempat di rumah pemilik bisnis. Foto: Repro cashlez.com

" Untuk menjalankan bisnis dewasa ini tidak lagi hanya bisa dilakukan di luar rumah saja, namun kini sudah bisa dari rumah "

KENDARI, TELISIK.ID - Untuk menjalankan bisnis dewasa ini tidak lagi hanya bisa dilakukan di luar rumah saja, namun kini sudah bisa dari rumah.

Dikutip dari studiilmu.com, bisnis rumahan merupakan jenis bisnis apapun yang mana lokasinya bertempat di rumah pemilik bisnis.

Melalui bisnis rumahan ini sang pemilik bisnis tidak perlu menyewa tempat lain untuk dijadikan lokasi bisnis, bahkan pemilik bisnis juga tidak harus memiliki properti tertentu.

Di era digital saat ini bisnis rumahan kini banyak digandrungi masyarakat. Mulai dari bisnis fashion hingga kuliner. Bisnis ini memanfaatkan media sosial sebagai wasila penjualannya.

Baca Juga: Catat, Ini 4 Cara Ampuh Mengurangi Gula Berlebih Lewat Kebiasaan Sehari-hari

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips mudah membuka usaha dari rumah yang bisa kita coba:

1. Tentukan Ide Bisnis 

Ide bisnis dapaat kamu tentukan dengan cara melihat lingkungan sekitar, lihat apa saja yang dibutuhkan oleh target pasar yang akan kamu kenakan.

Selain itu, kamu juga bisa melihat dari skill yang dimiliki, dengan memanfaatkan skill yang dipunyai dan juga kebetulan lingkungan sekitar juga memerlukan itu, maka kesempatan tersebut merupakan nilai tambah untuk kalian. 

Jika kamu sudah telah mempunyai sebuah ide bisnis, maka kamu bisa mengembangakan ide tersebut.

Fokuslah pada 1 ide bisnis yang akan kamu jalani supaya bisnis yang telah berjalan tidak akan berhenti di tengah jalan. 

2. Buatlah Rencana Bisnis 

Meskipun bisnis yang kamu jalani hanya di rumah saja, namun membuat sebuah rencana bisnis juga perlu dilakukan loh.

Dengan rencana bisnis yang kamu buat, maka akan semakin mempermudah dalam mencapai tujuan bisnis. Rencana bisnis tidak hanya dibuat di awal saja, namun akan kamu terapkan disetiap ada inovasi-inovasi baru yang akan dijalankan.

Tentukan terlebih dahulu tujuan bisnis, target pasar, persentase keuntungan yang akan kamu gunakan, persediaan yang akan digunakan dan yang akan dijual. 

3. Menyiapkan Modal Bisnis 

Modal usaha yang cukup dapat membantu dalam operasional sebuah usaha. Modal yang akan kamu gunakan dalam bisnis, bisa berbentuk uang, kendaraan, ataupun aset lainnya.

Modal yang kamu miliki haruslah sesuai dengan ide bisnis yang akan dijalani supaya tidak menyebabkan kerugian.

Untuk memudahkan, kamu bisa menulis hal apa saja yang dibutuhkan dalam usaha bisnis, sebaiknya dilakukan serinci mungkin guna menghindari adanya kerugian kedepannya.  

4. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor 

Riset pasar perlu kamu lakukan untuk mengetahui hal apa saja yang dibutuhkan dan juga digemari oleh konsumen. Ketika kamu sudah mengetahuinya, maka akan lebih mudah lagi dalam menarik perhatian konsumen.

Baca Juga: 8 Tips Hilangkan Noda pada Baju Putih Tanpa Pemutih

Setelah melakukan riset pasar, kamu juga perlu untuk melakukan riset kompetitor supaya usaha yang kamu jalani memiliki inovasi dan juga kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor, serta supaya usaha kamu tidak kalah saing dengan para kompetitor, apalagi di zaman sekarang ini. 

5. Melakukan Promosi 

Langkah selanjutnya adalah promosi. Mempromosikan bisnis/usaha yang sedang dijalani sudah pasti harus dilakukan supy usaha kamu semakin dikenal oleh para konsumen. Ternyata ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan usaha yang sedang kamu jalani.

Memanfaatkan sosial media bisa dijadikan sebagai alternatif nya, bisa melalui Instagram, Tiktok, Whatsaap, Youtube, dan juga platform lainnya.

Nah, itu beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan saat membuka usaha dari rumah. Selamat mencoba. (C)Bisnis dari Rumah

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga