5 Cara Jitu Redakan Amarah

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 12 Januari 2023
0 dilihat
5 Cara Jitu Redakan Amarah
Marah adalah emosi yang dirasakan ketika sesuatu atau seseorang melakukan sesuatu yang tidak sesuai keinginan Anda. Foto: klikdokter.com

" Rasa marah adalah hal yang fitrah dialami sseseorang. Namun jika tidak dapat dikendalikan, maka bisa saja berdampak buruk "

KENDARI TELISIK.ID - Rasa marah adalah hal yang fitrah dialami sseseorang. Namun jika tidak dapat dikendalikan, maka bisa saja berdampak buruk.

Dikutip dari Kompas.com, marah adalah emosi yang dirasakan ketika sesuatu atau seseorang melakukan sesuatu yang tidak sesuai keinginan Anda. Marah bisa dirasakan siapa saja dan merupakan reaksi normal seseorang terhadap suatu kejadian.

Namun, jika emosi ini tidak dikendalikan, ini bisa menjadi masalah antara Anda dengan orang-orang di sekitar Anda. Selain itu emosi satu ini juga bisa berakibat buruk untuk kesehatan Anda.

Olehnya itu, penting untuk mengetahui cara meredakan rasa amarah ini.

Baca Juga: Simak 5 Camilan Sehat Ini untuk Anak

Melansir yoursay.id dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika tersulut marah:

1. Hitung Sampai Sepuluh

Saat kamu merasa benar-benar marah sampai rasanya ingin berteriak dan memukul sesuatu, berhitunglah sampai sepuluh. Menunda amarahmu selama beberapa detik justru bisa membuatnya mereda.

Kalau sekiranya sepuluh tak cukup untuk mendinginkan darah yang mendidih, kamu bisa menambahkan hitungannya sesukamu.

2. Menjauhlah

Berada di dekat orang lain ketika kamu merasa marah bisa saja membahayakan orang tersebut. Kalau kamu tahu perilaku burukmu yang suka menyakiti seseorang kalau sedang marah, lebih baik pergi dan menjauhlah.

Beri dirimu waktu untuk merenung sendirian. Jangan temui siapapun sampai kamu merasa cukup tenang.

3. Minum Segelas Air

Ketika kamu tengah terlibat suatu perdebatan dengan orang lain sampai kepalamu rasanya ingin meledak karena merasa kesal, raihlah segelas air agar kamu menjadi lebih tenang.

Sebagaimana yang dipaparkan economictimes.indiatimes.com, emosi-emosi negatif seperti rasa marah, permusuhan, kebingungan, ketegangan, sampai kelelahan ditemukan meningkat karena dehidrasi.

Dengan menenggak segelas air mineral, tubuhmu akan kembali terhidrasi dan otak akan kembali berpikir dengan jernih.

4. Pikirkan Hal yang Membahagiakan

Akan terasa sulit untuk marah ketika wajahmu tersenyum karena memikirkan hal-hal yang membahagiakan. Maka dari itu ketika pikiranmu dipenuhi oleh banyak negativity yang membuat emosi, alihkan pikiranmu dengan segera pada hal-hal menyenangkan.

Ketika kamu kembali ke masalahmu di masa sekarang, nantinya kamu akan bisa menanganinya dengan pikiran yang lebih tenang dan terbuka.

Baca Juga: 4 Cara Alami Redakan Kecemasan dan Panik, Bisa Dicoba

5. Bernafaslah Dengan Benar

Ketika seseorang sedang sangat marah, tempo nafasnya cenderung lebih cepat dan menderu. Ini disebabkan karena detak jantung yang berdetak lebih cepat saat emosi mulai terpancing.

Maka ketika sedang marah, tarik nafas yang dalam lalu hembuskan dengan rileks. Lakukan berulang-ulang sampai pikiranmu kembali mengambil alih tubuh yang sempat dikontrol oleh emosi itu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk meredakan rasa marah. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga