5 Cara Unik Menabung, Bisa Dicoba

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 18 Agustus 2022
0 dilihat
5 Cara Unik Menabung, Bisa Dicoba
Menabung menjadi kebiasaan baik yang punya manfaat bagi mental dan pembentukan karakter. Foto: Repro lifepal.co.id

" Seringkali seseorang merasa kesulitan untuk bisa istiqamah menabung setiap harinya, padahal banyak manfaat yang bisa diperoleh jika menabung menjadi kebiasaan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menabung merupakan kebiasaan yang baik untuk setiap orang lakukan, termasuk agar bisa diajarkan kepada anak.

Pada umumnya, dikutip dari manulife.co.id, menabung pada umumnya merupakan cara untuk menyisihkan sebagian pendapatan saat ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga.

Memang beberapa dekade silam, menabung identik dengan menempatkan dana di rekening bank. Namun bukan berarti menabung secara mandiri di rumah menjadi hal yang ditinggalkan.

Hanya saja seringkali seseorang merasa kesulitan untuk bisa istiqamah menabung setiap harinya. Padahal banyak manfaat yang bisa diperoleh jika menabung ini menjadi kebiasaan.

Melansir yoursay.id yang disadur dari akun Instagram @golongan.sukses, berikut cara unik dapat dilakukan untuk menabung:

1. Nabung receh 

Jangan pernah meremehkan kata pepatah yang mengatakan “sedikit demi sedikit, lama-lama akan jadi bukit.” Meskipun hanya uang receh, tetapi jangan salah bisa dapat menyelamatkan kamu ketika konsisten untuk menabung.

Baca Juga: Jenis-Jenis Teh yang Ada di Dunia, Ada yang Berasal dari Bunga

Kemudian, yang menarik lagi dari nabung receh adalah tidak ada rasa kehilangan yang begitu memberatkan karena kamu menabung dari hal-hal kecil yang kadang kamu lupakan. 

2. Nabung otomatis 

Kalau kamu tipikal orang yang suka kelupaan, bisa mencoba untuk membuat dua rekening di bank atau bahkan bisa mendownload aplikasi tabungan atau investasi, yang memang bisa memisahkan uang tabungan dan uang belanja sehari-hari.

Dengan adanya rekening tabungan khusus, maka pilihlah fitur yang dapat menabung otomatis saat kamu selesai gajian. Simpel kan? 

3. Nabung nominal tertentu 

Siapa nih yang punya nominal uang sebagai favorit? Misalnya bagi kamu yang suka warna hijau, maka kamu dapat memilih uang pecahan 20 ribu sebagai uang favoritmu.

Jadi ketika kamu mempunyai uang 20 ribu di dompet, maka kamu akan berkomitmen untuk menabungnya. Cara ini termasuk trik simpel agar bisa tetap menabung. 

4. Nabung acak 

Baca Juga: Awas, Ini 6 Tanda Anak Kecanduan Media Sosial

Selanjutnya kamu bisa menabung secara acak dengan acuan target menabung selama per bulan. Kalau kamu berencana menabung Rp 1 juta per bulan, maka bagi dulu uang Rp 1 juta menjadi pecahan Rp 50 ribu, Rp 10 ribu, dan seterusnya. Lalu, kamu tinggal random aja untuk menabungnya setiap hari. 

5. Nabung sesuai kalender 

Cara menabung yang satu ini sangatlah mudah, kamu hanya perlu menabung sesuai dengan tanggal tiap hari yang telah kamu tentukan. Misalnya tanggal 1 kamu menabung Rp 1.000, tanggal kedua menabung Rp 2.000, dan seterusnya.

Kamu juga bisa memilih tanggal yang bisa dianggap untuk konsisten menabung dengan jumlah yang dianggap bijak juga. Dengan begitu, menabung pun perlahan bisa kamu lakukan. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga