adplus-dvertising

5 Gerakan Kecil Ini Bisa Atasi Rasa Lelah di Kantor

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 17 Maret 2023
0 dilihat
5 Gerakan Kecil Ini Bisa Atasi Rasa Lelah di Kantor
Kita perlu mengetahui cara mengatasi rasa lelah agar bisa tetap produktif dalam bekerja. Foto: Repro google.com

" Penyebab munculnya rasa lelah sangatlah beragam, seperti aktivitas berlebihan, kurangnya waktu istirahat, stres, pola makan kurang baik, dan gaya hidup tidak sehat "

KENDARI, TELISIK.ID - Bekerja di kantor menjadi rutinitas yang dilakukan seorang pekerja. Maka perlu mengetahui cara atasi rasa lelah saat seharian bekerja di kantor. Dikutip dari alodokter.com, lelah merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan energi, baik secara fisik maupun emosional.

Penyebab munculnya rasa lelah sangatlah beragam, seperti aktivitas berlebihan, kurangnya waktu istirahat, stres, pola makan kurang baik, dan gaya hidup tidak sehat.

Biasanya rasa lelah ketika seharian beraktivitas, termasuk saat bekerja seharian di kantor. Maka perlu mengetahui cara mengatasi rasa lelah ini agar kita bisa tetap produktif dalam bekerja.

Melansir idntimes.com, berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa membantu menghilangkan rasa lelah saat bekerja seharian di kantor:

1. Berdiri dan jalan-jalan

Ketika bekerja di kantor selama berjam-jam, duduk terus menerus dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada tubuh. Salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa lelah tersebut adalah dengan berdiri dan berjalan-jalan sejenak. Berjalan-jalan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki postur tubuh.

Jika memungkinkan, cobalah untuk berjalan-jalan di sekitar kantor atau di luar gedung untuk beberapa menit. Jika tidak bisa, berdirilah di tempat dan gerakkan tubuh dengan mengangkat lutut bergantian atau melakukan gerakan melompat kecil.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Atasi Kelelahan Saat Siang Hari

Dengan melakukan gerakan berdiri dan jalan-jalan secara teratur di kantor, kamu dapat meredakan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu meningkatkan fokus dan produktivitas saat bekerja.

2. Stretching

Ketika bekerja di kantor selama berjam-jam, tubuh seringkali merasa kaku dan lelah. Salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa lelah tersebut adalah dengan melakukan stretching sederhana. Peregangan otot-otot tubuh dapat membantu mengurangi ketegangan, meredakan stres, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Beberapa gerakan stretching sederhana yang dapat dilakukan di kantor antara lain meregangkan otot leher dan punggung, melakukan gerakan stretching kaki, atau melakukan gerakan peregangan tangan dan bahu.

Melakukan stretching di kantor dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi ketegangan otot yang mungkin disebabkan oleh posisi duduk yang salah atau kurang gerakan. Dengan melakukan stretching secara teratur, kamu dapat merasa lebih bugar dan produktif saat bekerja di kantor.

3. Peregangan kaki

Ketika bekerja di kantor, banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam duduk dalam posisi yang sama. Hal ini dapat menyebabkan kram dan ketegangan pada otot kaki dan pinggul. Untuk mengurangi rasa lelah dan ketegangan pada otot kaki, diperlukan gerakan peregangan sederhana.

Salah satu gerakan peregangan kaki yang bisa dilakukan di kantor adalah dengan mengangkat kaki dan meregangkan otot betis. Cukup duduk di kursi dan angkat satu kaki ke atas. Tarik jari kaki ke arah tubuh dan tahan selama beberapa detik. Ulangi gerakan ini pada kaki lainnya.

Dengan melakukan gerakan peregangan kaki secara teratur di kantor, kamu dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan pada otot kaki sehingga tubuh terasa lebih segar dan bugar untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan produktif.

4. Peregangan leher

Peregangan leher merupakan salah satu gerakan stretching yang sangat penting untuk menghilangkan rasa lelah dan ketegangan di kantor. Posisi duduk yang terus-menerus dan menundukkan kepala ke depan saat menggunakan komputer dapat menyebabkan ketegangan pada otot leher dan bahu.

Untuk melakukan peregangan leher, caranya cukup mudah. Duduk dengan posisi tegak dan letakkan tangan di sisi tubuh. Kemudian, perlahan-lahan miringkan kepala ke arah bahu kanan dan tahan selama beberapa detik. Ulangi gerakan ini ke arah bahu kiri.

Baca Juga: 5 Jenis Mainan Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

Peregangan leher dapat membantu meredakan ketegangan otot di area leher dan bahu, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperbaiki postur tubuh. Dengan melakukan peregangan leher secara teratur di kantor, kamu dapat merasa lebih segar dan bugar untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan produktif.

5. Melakukan gerakan mata

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang sering kali mengalami kelelahan saat bekerja di depan komputer dalam waktu lama. Untuk menghilangkan rasa lelah pada mata, terdapat beberapa gerakan sederhana yang bisa dilakukan di kantor.

Salah satu gerakan tersebut adalah gerakan melihat ke jauh, yang dapat membantu meregangkan otot mata dan mengurangi kelelahan. Caranya cukup mudah yakni dengan melihat ke jendela atau ke arah yang jauh selama beberapa detik.

Selain itu, gerakan mengedipkan mata secara perlahan-lahan juga bisa membantu mengurangi kelelahan mata dan menjaga kelembapan pada mata. Dengan melakukan gerakan mata secara teratur di kantor, kamu dapat membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fokus serta produktivitas dalam bekerja.

Nah, itulah beberapa gerakan sederhana yang dapat membantu menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga