5 Hewan yang Umurnya Terpendek di Dunia, Ada yang Cuma Sehari

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 07 Juli 2022
0 dilihat
5 Hewan yang Umurnya Terpendek di Dunia, Ada yang Cuma Sehari
Mayfly atau lalat capung adalah satu hewan dengan usia terpendek, yaitu cuma sehari alias 24 jam saja. Foto: Repro instanusantara.com

" Ternyata ada sejumlah hewan yang hanya mampu bertahan hidup di usia yang sangat terbatas "

KENDARI, TELISIK.ID - Setiap makhluk hidup termasuk hewan, umumnya memiliki pertahanan diri sehingga memiliki jangka hidup yang lebih lama. Namun, tahukah kamu jika ada sejumlah hewan yang hanya mampu bertahan hidup di usia yang terbatas. Bahkan hewan ini juga bisa mati di bawah perkiraan usia tersebut.

Melansir dari liputan6.com, berikut hewan dengan usia terpendek di dunia, antara lain:

1. Mayflies

Mayflies atau lalat capung adalah ordo dari serangga hemimetabola bersayap yang hidup di dalam ekosistem air tawar. Serangga ini menyebar di hampir seluruh lingkungan air tawar yang ada di dunia. Serangga ini merupakan ordo dari 3000 spesies lebih yang tersebar dalam 40 famili. 

Mayflies adalah serangga air yang hanya memiliki waktu hidup hanya 24 jam saja. Karena usianya yang tak lebih dari 24 jam, Mayflies dinobatkan sebagai hewan dengan usia terpendek di Bumi.

Hewan serupa dengan capung ini menghabiskan hidupnya sebagai nimfa. Meski hidup hanya sebentar, Mayflies masih bisa berkembangbiak. Mayflies betina bisa mengeluarkan 400 – 3.000 telur, di sela-sela waktu hidupnya yang pendek. Telurnya bisa menetas dalam beberapa hari saja.

2. Gastrotricha

Dikutip dari wikipedia.com, gastrotricha adalah kelompok hewan mikroskopis (0,06-3,0 mm) seperti cacing, pseudoselomata, dan terdistribusi secara luas dan melimpah di air tawar dan lingkungan laut. Hewan ini memiliki struktur tubuh transparan dan berenang mengikuti arus. Hewan yang satu ini hanya bisa bertahan hidup selama tiga hari saja.

3. Semut pejantan

Dilansir dari liputan6.com, Drone Ants atau sebutan bagi anggota koloni semut jantan hanya memiliki siklus hidup 3 minggu saja.

Melansir dari IDNTimes.com, berbeda dengan jenis semut pekerja, semut pejantan menghabiskan hidupnya hanya untuk makan dan mengawini ratu semut. Yang menarik, semut jantan ini mati secara cepat ketika kawin dengan betina. Meski usianya pendek, mereka berperan dalam membantu semut betina berkembangbiak.

4. Lalat

Siapa yang tidak mengenal hewan yang satu ini, hewan yang selalu berkerumun di tempat-tempat kotor ini memiliki masa hidup sekitar empat minggu.

Baca Juga: Anti Selingkuh, Ini Hewan Paling Setia di Dunia

Dilansir dari kumparan.com, lalat yang tinggal di rumah-rumah lebih memiliki masa usia yang panjang dibandingkan di alam liar. Meski begitu, dalam siklus hidup yang pendek lalat betina bertelur hingga 1.000 butir.

5. Capung

Capung atau sibar-sibar dan Capung Jarum adalah kelompok serangga yang tergolong ke dalam bangsa Odonata. Kedua macam serangga ini jarang berada jauh-jauh dari air, tempat mereka bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa anak-anaknya.

Dilansir dari kumparan.com, masa hidup maksimal capung adalah empat bulan, tetapi capung jarang hidup selama itu karena adanya predator. Selain itu, capung juga tak bisa terbang cepat setelah tahap larva. Cuaca ekstrem juga memengaruhi masa hidup capung.

6. Nyamuk

Nyamuk adalah hewan golongan serangga yang termasuk dalam ordo Diptera (lalat), dan tergolong dalam famili Culicidae.

Dikutip dari  IDNTimes.com, nyamuk ternyata juga memiliki umur yang gak kalah pendek. Untuk nyamuk betina biasanya memiliki usia yang lebih panjang hingga beberapa bulan, sementara untuk nyamuk jantan hanya sekitar 10 hari.

Tahukah kamu jika hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah lho, sedangkan nyamuk jantan bertahan hidup dengan mengonsumsi madu layaknya lebah.

7. Bunglon

Siapa yang tak mengenal bunglon, yups hewan yang bisa merubah warna kulitnya menyesuaikan dengan warna dan keadaan lingkungan sekitarnya ini ternyata termasuk salah satu hewan yang memiliki umur yang cukup pendek lho. Tahukah kamu, jika kemampuan bunglon merubah warna kulitnya sesuai dengan warna di lingkungan ini disebut dengan mimikri.

Baca Juga: Mengenal Arawinda Kirana Dituduh Pelakor, Istri Sah Beri Komentar Pedas

Dikutip dari IDMTimes.com, umumnya bunglon bisa mencapai usia dua hingga tiga tahun. Tapi untuk beberapa jenis bunglon seperti jenis Panther dan Labord’s, umurnya hanya satu tahun saja.

8. Ikan cere

Ikan yang satu ini juga disinyalir hanya bisa mencapai usia dua tahun saja. Spesies ikan pemakan nyamuk ini juga sering dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk dengan cara ditempatkan di selokan dan nanti mereka akan memakan telur dan juga jentik-jentik nyamuk yang di sekitarnya.

9. Hamster

Dikutip dari momsmoney.id, biasanya hamster akan hidup antara 2 – 2,5 tahun. Ini hanya rata-rata dari kehidupan hamster pada umumnya.  (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga