5 Jenis Mainan Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 11 Maret 2023
0 dilihat
5 Jenis Mainan Ini Bisa Tingkatkan Kecerdasan Anak
Kecerdasan anak dapat dilatih salah satunya lewat mainan. Foto: Repro google.com

" Bermain membangun balok dapat melatih keterampilan motorik kasar dan halus anak "

KENDARI, TELISIK.ID - Kecerdasan anak tidak terjadi begitu saja, tetapi harus dilatih dan diasah. Cara melatih kecerdasan anak salah satunya bisa dilakukan lewat mainan.

Dikutip dari alodokter.com, kecerdasan didefinisikan sebagai kemampuan belajar dari pengalaman dan ilmu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Tolak ukur kecerdasan tidak hanya dinilai dari kecakapan logikanya, tetapi juga bisa dari kemampuan lainnya yang disebut sebagai kecerdasan majemuk.

Melansir yoursay.id dari Indonesia Montessori, berikut beberapa jenis mainan yang perlu dimiliki anak di rumah untuk mengasah kecerdasannya:

1. Building Block

Bermain membangun balok dapat melatih keterampilan motorik kasar dan halus anak. Melakukan koordinasi tangan dan matanya.

Mainan ini juga melatihnya berfikir mengenai bagian mana yang harus ia susun dahulu agar bangunan yang ia buat tidak roboh. Proses berfikir berulang-ulang ini juga dapat melatih kecerdasan anak.

2. Flashcard

Flashcard berbentuk kartu yang di dalamnya terdapat berbagai jenis objek tergantung klasifikasinya. Bisa saja flashcard tentang angka, huruf, hewan, warna, bentuk, atau alat transportasi. Flashcard dapat membantu anak belajar berbicara dengan mendengarkan yang diucapkan orang tua.

Baca Juga: 10 Fakta Unik si Anak Tengah

Selain itu, membantu anak mengasah kemampuan menghafalnya. Anak akan mengenal lebih banyak kosa kata dan itu membantunya saat berbicara.

3. Alat Musik

Alat musik dapat mengasah sensitivitas telinga dan melatih koordinasi berbagai macam indera. Sudah banyak mainan alat musik yang tersedia seperti keyboard, gitar, dan drum.

Melalui ini orang tua akan mengetahui minat anak terhadap musik. Atau alat musik mainan tersebut dapat mengiringinya bernyanyi dengan lagu-lagu favoritnya.

4. Pretend Play

Pretend play atau bermain peran juga memiliki banyak manfaat bagi kecerdasan emosional anak. Anak dapat berpura-pura melakukan suatu hal sehingga ia juga berlatih meregulasi emosinya. Memerankan karakter sedih, senang, juga kecewa.

Permainan yang dapat dilakukan adalah masak-masakan, dokter-dokteran, menjadi montir, membuka salon, atau bahkan toko es krim.

Baca Juga: 5 Fakta Kepribadian Anak yang Lahir di Malam Hari

Orang tua juga bisa terlibat langsung dan bermain dengan anak. Pretend play juga bisa mengingkatkan imajinasi dan kerativitas anak.

5. Puzzle

Sama seperti fashcard, puzzle juga memiliki banyak jenis. Biasanya disesuaikan dengan usia anak. Hal ini berkaitan dengan tingkat kesulitan puzzle.

Bagi anak usia todler mungkin saja puzzle yang disarankan adalah yang tidak terlalu banyak potongan. Semakin besar semakin meningkat kemampuannya.

Dengan bermain puzzle anak akan terbiasa untuk berfikir menemukan kepingan berikutnya. Ini dapat melatih kecerdasan berfikir anak dan melatih kemampuan pemecahan masalah yang baik.

Nah, itulah beberapa jenis mainan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga