5 Jenis Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Selama Berpuasa

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 25 Maret 2023
0 dilihat
5 Jenis Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Selama Berpuasa
Mengonsumsi sayur sangat disarankan, karena kaya manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa. Foto: Pexels

" Selama berpuasa tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk memenuhi itu, salah satunya dengan rutin mengonsumsi jenis sayur tertentu "

KENDARI, TELISIK.ID - Selama berpuasa tubuh sangat membutuhkan nutrisi yang cukup. Untuk memenuhi itu, salah satunya dengan rutin mengonsumsi jenis sayur tertentu.

Dikutip dari halodoc.com, sayur memberikan beragam manfaat bagi tubuh, karena banyak mengandung serat dan nutrisi.

Saat berpuasa, mengonsumsi sayur sangat disarankan, karena kaya manfaat yang dapat menunjang berbagai aktivitas selama berpuasa.

Apalagi biasanya perubahan pola makan dan keseharian bisa berubah karena puasa. Air minum yang hanya bisa diminum di waktu-waktu tertentu atau perubahan pola tidur bisa membuat kamu mengalami sembelit dan dehidrasi. Konsumsi sayur saat puasa bisa membantu mengurangi hal-hal tersebut.

Baca Juga: 5 Dampak Positif Bagi Organ Tubuh Saat Berpuasa

Melansir idntimes.com, berikut beberapa jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk lambung selama berpuasa:

1. Wortel

Wortel dikenal akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya itu, wortel juga mengandung vitamin B6 yang mampu menetralkan asam lambung.

Vitamin B6 dalam wortel juga membantu proses pembentukan energi dari makanan yang sudah dikonsumsi. Rasanya yang sedikit manis sangat nikmat dikonsumsi dalam bentuk jus, salad atau puding.

2. Brokoli hijau

Bagi penderita asam lambung, pasti sering mendapat obat-obatan yang mengandung kalium dan folat. Pasalnya, kalium dan folat mampu menetralisir asam lambung.

Kandungan kalium dan folat juga terdapat dalam brokoli hijau, lho. Selain itu, brokoli juga mengandung air dan serat yang baik untuk menjaga saluran cerna dan gula darah tetap stabil. Dimana kondisi ini memang sangat diperlukan tubuh selama berpuasa.

3. Bayam

Magnesium yang terdapat dalam bayam menjadi senjata ampuh untuk menetralisir asam lambung. Magnesium juga diketahui dapat mengatasi sembelit dan keluhan insomnia.

Kandungan zat besi dalam bayam juga membantu mencukupi kebutuhan zat besi dalam tubuh yang mungkin berkurang karena berpuasa. Zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

4. Mentimun

Timun adalah sayuran yang sangat mudah ditemui di pasaran. Timun memiliki segudang manfaat berkat kandungan serat, kalsium, fosfor, folat, magnesium, kalium, vitamin C, vitamin K dan vitamin A. Mengonsumsi mentimun secara rutin dipercaya dapat mencegah hipertensi.

Kandungan air yang tinggi dan antioksidan dalam mentimun membantu menetralkan asam lambung serta mengatasi peradangan. Mentimun yang segar juga bisa menghidrasi kulit selama berpuasa.

Baca Juga: Anda Penderita GERD? Hindari Makanan Ini Selama Ramadan

5. Selada

Selada adalah salah satu sayuran dengan kandungan air yang tinggi, yakni sekitar 96%. Kandungan air yang tinggi dalam selada mampu melemahkan asam lambung.

Manfaat lain dari selada yaitu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menangkal radikal bebas. Sehingga selada sangat cocok dijadikan menu sayuran saat berpuasa. Namun, konsumsi selada sebaiknya dalam jumlah yang tidak berlebihan untuk menghindari sakit perut atau perut kembung.

Nah, itulah beberapa jenis sayur yang baik dikonsumsi selama bulan ramadan agar puasa bisa maksimal. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga