adplus-dvertising

5 Kebiasaan Agar Bisa Menghindari Depresi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 05 Agustus 2022
303 dilihat
5 Kebiasaan Agar Bisa Menghindari Depresi
Depresi bisa saja menyerang siapa pun ketika tidak mampu mengolah pikiran. Foto: Repro medpagetoday

" Salah satu masalah mental yang sering dialami seseorang adalah depresi. Hal ini harus dihindari karena akan mengganggu aktivitas hari-hari "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu masalah mental yang sering dialami seseorang adalah depresi. Hal ini harus dihindari karena akan mengganggu aktivitas hari-hari.

Dikitip dari mitrakeluarga.com, depresi merupakan gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai proses berpikir, berperasaan dan berperilaku seseorang.

Seseorang yang depresi memperlihatkan perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan, disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan.


Olehnya itu, depresi sudah harus dihindari agar kita bisa tetap produktif dan bersemangat dalam menjalani aktivitas hari-hari.

Melansir yoursay.id yang merangkum dari kanal YouTube Psych2go, berikut ini kebiasaan yang dapar menghindari dari depresi:

1. Rutinitas pagi

Melakukan rutinitas pagi akan berdampak besar dalam kesehatan mental. Melakukan ibadah, olahraga, dan meditasi atau hal lain yang kamu suka akan membuat tubuh menjadi tenang.

Selain itu, tubuh akan lebih siap untuk menghadapi hari yang akan dilalui.

2. Tidur teratur

Sperti kita tahu, tidur merupakan salah satu aspek penting untuk kesehatan, baik kesehatan fisik atau pun mental. Oleh karena itu, berusahalah untuk bisa tidur cukup di waktu yang tepat.

Baca Juga: 10 Persiapan yang Harus Dipikirkan Sebelum Nikah, Pasangan Mesti Paham

Memiliki waktu tidur yang cukup akan membuat pikiran lebih segar dan tidak mudah stres bahkan depresi. Sebaiknya kurangi begadang untuk hal-hal yang tidak perlu. Tubuh pasti akan memberi kita sinyal saat lelah dimana waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk beristirahat.

3. Merawat tubuh

Mungkinkah kita akan lebih bahagia degan tubuh yang kurang terawat? Kebersihan tubuh juga akan membuat suasana hati kita lebih baik sehingga despresi tidak akan sampai terjadi.

Cobalah untuk rajin mandi dan merawat diri. Kenakan pakaian yang kita suka dan manjakan tubuh kita. Hal ini akan membuat kita lebih berenergi serta lebih bersemangat.

4. Olahraga

Olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain menjaga kebugaran dan menjaga kesehatan tubuh. Olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Baca Juga: Berapa Lama Waktu Ideal Bagi Wanita Mencapai Orgasme? Ini Kata Ahli

Olahraga akan membantu untuk mengurangi stres, membuat tubuh rileks, serta mengurangi emosi negatif seperti marah. Hal ini tentunya juga berperan untuk mengurangi risiko depresi.

5. Rutinitas malam

Selain rutinitas pagi yang telah disebutkan di atas kita juga perlu memiliki rutnitas malam yang membantu mental tetap sehat.

Kita bisa memberi kesempatan pada tubuh untuk lebih tenang dengan membaca buku, menulis jurnal, dan juga berdoa. Rutinitas malam ini akan membantu kita menyadari hal-hal yang telah kita lewati di hari itu dan juga mengevalusinya. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga