adplus-dvertising

5 Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Mulut

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Senin, 21 November 2022
0 dilihat
5 Makanan Ini Ternyata Penyebab Bau Mulut
Bau mulut membuat seseorang kurang percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Foto: Repro Kompas.com

" Biasanya, makanan yang menjadi penyebab bau mulut dikarenakan mempunyai kandungan asam atau berbau menyengat "

KENDARI, TELISIK.ID - Bau mulut membuat seseorang kurang percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Namun, bau mulut ternyata bukan hanya terjadi karena seseorang malas menggosok gigi.

Ada beberapa makanan tertentu yang menyebabkan seseorang memiliki bau mulut. Untuk itu makanan penyebab bau mulut perlu dihindari atau setidaknya dikurangi. 

Biasanya, makanan yang menjadi penyebab bau mulut dikarenakan mempunyai kandungan asam atau berbau menyengat. Lantas makanan apa saja itu?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 makanan penyebab bau mulut.

1. Produk olahan susu

Mengutip Kompas.com, meski sehat untuk tubuh, susu ternyata bisa membuat mulut menjadi kotor. Hal itu dikarenakan bakteri alami yang ada di lidah memakan asam amino yang ada dalam susu sehingga menghasilkan aroma tak sedap.

2. Daging merah

Dilansir dari Klikdokter.com, daging merah merupakan makanan yang menyebabkan bau mulut karena mengandung protein tinggi.

Baca Juga: 8 Faktor Ini Sering jadi Pemicu KDRT

Ketika seseorang mengonsumsi protein dalam jumlah banyak, tubuh akan memproduksi amonia dan memecahnya selama proses pencernaan.

Lalu, serat daging yang terjebak di sela gigi dapat membusuk dan melepaskan gas senyawa sulfur yang dapat menjadi pemicu bau mulut. Amonia inilah yang keluar melalui mulut dan menyebabkan bau.

3. Aneka bawang-bawangan

Bawang putih, merah, dan bombai mengandung sulfat yang bisa tertinggal di lidah, bahkan memiliki kandungan senyawa belerang cukup tinggi yang akan menimbulkan bau tajam.

Sehingga tak heran bila mulut kita memiliki bau tak sedap usai memakan bawang. Namun, bukan berarti orang tidak boleh mengonsumsi bawang agar tidak bau mulut, tetapi cukup dikurangi jumlahnya

4. Makanan pedas

Sama halnya dengan bawang, makanan seperti kari, gulai atau makanan pedas lainnya dapat memicu bau mulut. Sebab makanan pedas juga mengandung beberapa senyawa asam dan belerang yang tinggi.

Baca Juga: Hampir Berusia 40 Tahun, Ternyata Ini Ketakutan Terbesar Luna Maya

Senyawa tersebut cenderung lama bertahan di dalam perut saat Anda mengonsumsinya, sehingga bau yang ditimbulkan akan dikeluarkan melalui mulut.

5. Durian

Durian merupakan buah musiman yang banyak dijual di Indonesia dan sangat digemari. Ternyata buah ini memiliki bau sangat menyengat dan dilarang untuk dibawa di sejumlah lokasi. Buah berkulit tajam ini mengandung senyewa belerang. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga