5 Manfaat Bercinta Bagi Kesehatan

Febry Jahra Lestiani, telisik indonesia
Sabtu, 02 Desember 2023
0 dilihat
5 Manfaat Bercinta Bagi Kesehatan
Selain memuaskan batin, bercinta juga dapat memberi manfaat bagi kesehatan. Foto: Neti Talk

" Bukan rahasia lagi jika bercinta dapat memuaskan batin, berhubungan intim ternyata juga dapat membawa segudang manfaat untuk kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Bukan rahasia lagi jika bercinta dapat memuaskan batin, berhubungan intim ternyata juga dapat membawa segudang manfaat untuk kesehatan.

Bercinta dapat memperkuat ikatan antara dua orang dan memupuk kedekatan, cinta, dan kasih sayang di antara pasangan. Ini adalah pengikat utama yang membantu pasangan mengatasi perbedaan di antara mereka.

Dilansir dari halodoc.com oksitosin, hormon, dan neurotransmitter, yang dilepaskan selama momen intim antara pasangan, meningkatkan kepercayaan dan rasa persahabatan yang lebih kuat antara pasangan. Berhubungan intim antar pasangan lebih dari sekedar bersenang-senang di ranjang, tapi juga membawa manfaat kesehatan lainnya. 

Tidak berhenti di situ, seks juga bisa mengundang banyak manfaat kesehatan. Hal ini khususnya jika aktivitas suami-istri tersebut dilakukan dengan benar, dan secara teratur.

Baca Juga: Manfaat Prenatal Yoga Ibu Hamil bersama Suami

Dilansir dari laman Hellosehat.com berikut manfaat bercinta bagi kesehatan:

1. Mencegah Sakit Jantung

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa berhubungan seks dapat membantu mencegah penumpukan zat homosistein dengan cara mendorong sirkulasi darah.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang berhubungan intim secara rutin fungsi otaknya bisa meningkat. Sebuah studi dari Oxford University di Inggris ini juga mengatakan bahwa manfaat bercinta ini akan turut mendukung daya ingat.Saat bercinta, ada banyak sel-sel baru di otak yang tumbuh dan proses peradangan juga akan berkurang.

3. Mencegah Penuaan

Berhubungan seks juga membantu mencegah penuaan di wajah, baik untuk pria maupun wanita. Lebih jauh, dr. David Weeks menjelaskan bahwa orang yang rutin bercinta cenderung terlihat beberapa tahun lebih muda dari usia mereka yang sebenarnya.

Baca Juga: Tidur Terlalu Lama dapat Berbahaya bagi Tubuh

4. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Menurut pakar kesehatan seksual. dr, Yvonne Fulbright, Ph.D, orang yang sering bercinta lebih jarang sakit daripada yang jarang berhubungan. Hal ini juga bisa dikatakan bahwa berhubungan seks bisa melindungi tubuh Anda dari bakteri atau virus penyebab penyakit.

5. Meningkatkan Libido

Banyak peneliti yang menyatakan bahwa berhubungan seks secara aktif bisa bikin kehidupan seks Anda dengan pasangan jadi menyenangkan. Berhubungan seks minimal 2 kali dalam seminggu juga bisa meningkatkan hasrat seksual seseorang dan meningkatkan jumlah cairan pelumasan vagina. (C)

Penulis: Febry Jahra Lestiani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga