adplus-dvertising

5 Manfaat Sarapan yang Rugi Jika Dilewatkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 03 Januari 2022
758 dilihat
5 Manfaat Sarapan yang Rugi Jika Dilewatkan
Sarapan sebelum beraktivitas menjadi rutinitas wajib sebagian masyarakat. Foto: Repro bp-guide.id

" Sarapan pagi bisa memberikan beragam manfaat yang baik bagi tubuh agar dalam menjalani aktivitas bisa berjalan maksimal "

KENDARI, TELISIK.ID - Sarapan sebelum beraktivitas menjadi rutinitas wajib sebagian masyarakat. Salah satu tujuannya adalah menjadi sumber energi.

Namun kadangkala terburu-buru menjadi alasan sebagian orang tidak menyempatkan diri untuk sarapan. Padahal, sarapan pagi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Mengutip krakataumedika.com, sarapan merupakan kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.


Sarapan pagi bisa memberikan beragam manfaat yang baik bagi tubuh agar dalam menjalani aktivitas bisa berjalan maksimal.

Melansir alodokter.com, berikut ini berbagai macam manfaat yang didapatkan ketika kita membiasakan diri untuk sarapan:

1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat yang tidak sarapan cenderung lebih tinggi dibandingkan mereka yang sarapan. Mereka yang membiasakan diri untuk sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori dibandingkan mereka yang melewatkan sarapan.

Manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi tak hanya itu saja. Risiko terkena penyakit diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.

2. Lebih fokus

Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat Anda lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah diisi. Jika Anda tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir Anda bisa menurun.

3. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menurunkan berat badan. Sarapan juga baik untuk mendukung program diet.

Baca Juga: Harga Sendal Jepit Ini Fantastis, Dompetmu Pasti Menangis

Dengan sarapan, Anda tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan. Ketika Anda melewatkan sarapan pagi, maka Anda akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan lain yang tinggi kalori namun tidak mengenyangkan.

4. Meningkatkan mood

Jika hari ini Anda merasa lebih mudah kesal atau marah, coba cek apakah Anda sudah sarapan atau belum? Jika belum, bisa jadi ini disebabkan karena perut lapar. Agar ini tidak terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari dapat diatasi.

5. Memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tidak sarapan membuat kebutuhan harian tubuh akan vitamin dan nutrisi sulit untuk terpenuhi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizinya secara menyeluruh, baik itu asupan serat, kalsium, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang dibutuhkan tubuh. (C)

Baca Juga: Daftar Drama Korea Terbaru Januari 2022 yang Paling Ditunggu

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga