5 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
5 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Tertawa menjadi salah satu obat untuk membuat hati riang dan obat stres. Foto: Repro google.com

" Tertawa adalah suatu respons normal ketika seseorang mendengar, membaca, atau menonton suatu hal yang lucu "

KENDARI, TELISIK.ID - Tertawa adalah suatu respons normal ketika seseorang mendengar, membaca, atau menonton suatu hal yang lucu.

Dikutip dari alodokter.com, tertawa sudah sejak lama dipercaya sebagai obat mujarab untuk mengembalikan semangat dan membuat seseorang lebih sehat.

Selain itu, ternyata ada beragam manfaat tertawa yang perlu Anda ketahui.

Saat tertawa, hormon endorfin akan dilepaskan sehingga Anda akan merasa lebih baik. Selain bermanfaat untuk kesehatan mental, tertawa juga berpengaruh positif terhadap banyak organ tubuh

Melansir yoursay.id, berikut 5 manfaat tertawa yang diungkapkan dua dokter sekaligus yang berasal dari Universitas Loma India di California, Dr. Lee Berk dan Dr. Stanley Tan:

1. Membantu menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian, ketika kita tertawa, secara tidak langsung kita bisa membantu menurunkan tekanan darah kita yang kemudian dapat mengurangi risiko terkena stroke dan serangan jantung.

2. Mengurangi tingkat hormon penyebab stres

Saat tertawa, hormon penyebab stres akan berkurang. Secara bersamaan, ini sama artinya dengan kita mengurangi tingkat kecemasan dan stres yang berdampak pada tubuh kita.

Selain itu, berkurangnya hormon stres juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

3. Mengencangkan otot perut

Ketika kita tertawa, otot-otot perut kita akan mengembang serta berkontraksi. Hal ini mirip saat kita dengan sengaja melatih otot-otot perut.

Baca Juga: Deretan Wanita Keturunan Islam Uighur yang Cantiknya Kelewatan, Bikin Gagal Fokus

Selain itu, otot yang tidak kita gunakan juga memiliki kesempatan untuk bisa rileks. Maka dari itu, jika kita ingin mempunyai otot perut yang kencang, mulailah tertawa!

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Bagi yang tidak mampu melakukan aktivitas fisik karena cedera, sakit, atau hal lainnya, maka tertawa bisa menjadi salah satu latihan kardio yang baik yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: 100 Nama Pasaran di Indonesia, Namamu Termasuk?

Selain itu, tertawa juga bisa membakar kalori yang sama seperti sedang berjalan dengan kecepatan lambat hingga sedang. 

5. Melepaskan hormon endorfin

Endorfin adalah salah satu hormon bahagia yang berfungsi menghilangkan rasa sakit alami di dalam tubuh serta membuat kita merasa nyaman di tubuh. Salah satu cara melepaskan hormon ini adalah dengan tertawa. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga