5 Manfaat Tidur dengan Kaus Kaki

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 05 Januari 2022
0 dilihat
5 Manfaat Tidur dengan Kaus Kaki
Ilustrasi memakai kaus kaki saat tidur. Foto: Unsplash

" Institut Kesehatan Nasional mengatakan bahwa tidur penting untuk fungsi otak dan tubuh yang normal "

KENDARI, TELISIK.ID - Meski kelihatannya tidak biasa, tidur dengan kaus kaki memberikan banyak manfaat. Hal ini disebabkan pengaturan suhu adalah bagian penting dari siklus tidur.

Dilansir Kompas.com, tidur adalah bagian penting dari kehidupan setiap orang. Bagaimana pun, manusia menghabiskan sekitar sepertiga hari mereka untuk tidur.

Institut Kesehatan Nasional mengatakan bahwa tidur penting untuk fungsi otak dan tubuh yang normal.

Kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk tidur dari waktu ke waktu. Salah satu trik yang mungkin dicoba adalah tidur dengan memakai kaus kaki.

Berikut manfaat tidur dengan kaus kaki dilansir Hellosehat:

1. Membantu mengatur suhu tubuh inti

Kamar yang terlalu dingin bisa bikin tidur tidak nyenyak. Anda menjadi lebih banyak bergerak, baik untuk membetulkan kembali selimut atau bolak-balik untuk buang air kecil.

Selain itu, udara dingin menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah menjadi lebih sempit.

Cara termudah dan paling aman menjaga kehangatan kaki saat tidur adalah dengan menggunakan kaus kaki. Tubuh Anda pun akan terasa lebih hangat.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Karpet untuk Percantik Rumah Minimalis

Rasa hangat yang dihasilkan bisa memicu respon vasodilatasi, yaitu pembuluh darah yang tadinya menyempit akan melebar.

2. Membantu tidur lebih cepat

Suhu tubuh akan terus meningkat secara bertahap dari pagi hari dan akan memuncak pada siang hari saat Anda menjadi lebih terjaga dan waspada. Kemudian, suhu tubuh akan mulai menurun menjelang malam.

Suhu ini memengaruhi jam biologis tubuh yang mengendalikan waktu tidur sehingga membuat seseorang merasa mengantuk dan lebih cepat tidur. Jadi, saat seseorang mulai tertidur, suhu tubuh akan menurun sebanyak satu hingga dua derajat Celsius.

Sebuah organisasi Nation Sleep Foundation menguak bahwa menghangatkan kaki sebelum tidur membantu memberi otak Anda bahwa sekarang sudah waktunya tidur.

Jadi, orang yang susah tidur bisa menggunakan kaus kaki selama tidur untuk membantu tubuh mengatur suhu sehingga lebih cepat tidur.

3. Mencegah hot flashes

Hot flashes atau wajah memerah banyak terjadi pada wanita yang mengalami menopause. Ini terjadi karena fluktuasi hormon (naik dan turunnya kadar hormon) yang memengaruhi suhu tubuh.

Gejalanya meliputi sensasi hangat menyebar ke seluruh tubuh, berkeringat, denyut jantung meningkat, dan wajah memerah. Menggunakan kaus kaki selama tidur mampu menstabilkan suhu tubuh inti, termasuk mencegah hot flashes terjadi.

4. Seks menjadi lebih baik

Baca Juga: Kisah Perjuangan Lisa Masuk Blackpink, Hampir Menyerah dan Hancur

Dalam berhubungan seksual, tidak semua pasangan merasakan orgasme. Orgasme adalah titik puncak saat berhubungan seksual yang menimbulkan sensasi kenikmatan.

Sebuah studi yang diterbitkan pada BBC tahun 2005 menemukan bahwa pasangan yang mengenakan kaus kaki di tempat tidur lebih mungkin untuk orgasme saat berhubungan seks.

5. Mengurangi gejala serangan Raynaud

Raynaud adalah suatu kondisi yang memengaruhi pembuluh darah di kulit saat kedinginan atau stres.

Selama serangan, aliran darah ke tangan atau kaki menjadi berkurang sehingga mati rasa dan kulit berubah warna menjadi biru atau putih. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

Baca Juga