5 Rekomendasi Film Barat Terbaik, Rating Tertinggi Sepanjang Masa Versi IMDb

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 06 Oktober 2023
0 dilihat
5 Rekomendasi Film Barat Terbaik, Rating Tertinggi Sepanjang Masa Versi IMDb
Film The Shawshank Redemption (1994) berhasil meraih rating 9,3/10 di IMDb. Foto: Repro Duniagames.co.id

" Film The Shawshank Redemption (1994) diangkat dari novel karya Rita Haywork, berhasil meraih rating 9,3/10 sekaligus menjadi karya terbaik sepanjang masa menurut data terkini IMDb "

KENDARI, TELISIK.ID - Ada banyak karya film yang lahir dan dipasarkan di dunia. Mutu dan kualitas film tersebut dapat dinilai dari berbagai aspek. Oleh karena itu, banyak wadah yang diberikan kepada kritikus atau pecinta film untuk menilai sebuah film, salah satunya melalui IMDb.

Melansir imdb.com, Internet Movie Database (IMDb) adalah sumber informasi  populer, terpercaya, dan otoritatif berisi informasi, peringkat, serta ulasan film, acara TV terbaru, hingga selebriti terkait.

Secara berkala, situs ini juga melakukan survei dan merilis daftar tayangan terbaik berdasarkan kategori tertentu. Berikut ini adalah daftar film barat terbaik sepanjang masa dengan rating tinggi di IMDb, dilansir dari Beautynesia.id dan Greenscreen.co.id.

1. The Shawshank Redemption (1994)

Film yang diangkat dari novel karya Rita Haywork ini berhasil meraih rating 9,3/10 sekaligus menjadi karya terbaik sepanjang masa menurut data terkini IMDb. "Shawshank Redemption" menceritakan kisah Andy Dufresne (Tim Robbins), seorang banker yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Dia dituduh membunuh istrinya, padahal bukan dia pelakunya. Di penjara, dia berteman baik dengan Ellis 'Red' Redding (Morgan Freeman), seorang tahanan yang telah mendekam di sana selama 20 tahun.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Film Netflix Terbaik 2023

Hingga akhirnya, Andy Dufresne berhasil kabur dan menguak kejahatan Kepala Penjara Samuel Norton (Bob Gunton). Karya ini layak menjadi film terbaik karena berhasil menguras emosi, didukung dengan akting dan script yang luar biasa.

2. The Godfather (1972)

Dirilis pada tahun 1972, film ini secara mengejutkan masih menjadi salah satu tayangan terpopuler hingga kini. "The Godfather" menceritakan sosok bos mafia Don Vito Corleone (Marlon Brando) yang berencana mewariskan kekuasaannya pada anak bungsu Michael (Al Pacino).

Dari sini, muncul beragam konflik yang membahayakan nyawa anggota keluarga sang mafia. Menariknya, kisah The Godfather ini diangkat dari kisah nyata sebuah geng di Amerika. Tidak hanya menampilkan sisi gelap dan kejam kehidupan mafia, film ini juga mengangkat berbagai masalah dan konflik masyarakat saat itu.

Film ini meraih 3 piala Oscar dan total 30 penghargaan di bidang film, dimana Marlon Brando saat itu justru menolak penghargaan Oscar. Namun dengan rating 9,2/10 di IMDb, The Godfather berhasil meraih peringkat kedua film terbaik sepanjang masa.

3. The Dark Knight (2008)

Dari segi alur, "The Dark Knight" (2008) mungkin tak berbeda jauh dari film Batman lainnya. Film besutan Christopher Nolan ini menceritakan Bruce Wayne a.k.a Batman (Christopher Nolan) melawan sosok Joker (Heath Ledger).

Namun yang menarik dari film ini adalah kegilaan Joker yang melakukan hal tak terduga untuk melancarkan aksinya. Joker tidak merusak Gotham dengan tangannya sendiri, namun justru menghancurkan psikologis sosok protagonis Harvey Dent (Aaron Eckhart).

Kualitas akting para aktor, efek penuh api, hingga jalur ceritanya juga cukup menegangkan. Film ini berhasil menyabet 162 penghargaan (termasuk 2 piala Oscar), dan saat ini berada di peringkat ketiga film terbaik IMDb, dengan rating 9,0/10.

4. Schindler's List (1993)

Film yang dirilis pada tahun 1993 ini mengambil latar Polandia di era Perang Dunia II. Dikisahkan bahwa Oskar Schindler adalah seorang pengusaha yang merasa khawatir dengan keselamatan para pegawainya yang berdarah Yahudi.

Baca Juga: 15 Film Dewasa Ini Tampilkan Adegan Seks Sungguhan

Pasalnya, saat itu beragam penyiksaan dan penganiayaan dilakukan Nazi dengan sangat brutal. Dia pun mati-matian berusaha menyelamatkan orang-orang di sekitarnya Karena alur yang menarik dan kental sejarah, lengkap dengan akting yang mumpuni, banyak orang mengidolakan film ini.

"Schindler’s List" berhasil meraih 7 penghargaan Oscar dan kini meraih rating 9,0/10 yang membuatnya meraih peringkat keempat film terbaik sepanjang masa di IMDb.

5. 12 Angry Men (1957)

Film ini dirilis pada tahun 1957 namun masih mendapat tempat luar biasa di hati penonton. Terbukti dengan rating 9,0/10, yang membawanya menuju peringkat kelima film terbaik sepanjang masa di IMDb.

Padahal, kisahnya cukup sederhana yaitu menceritakan suasana debat 12 pria yang sedang mendiskusikan kasus dugaan pembunuhan seorang anak kecil kepada ayahnya sendiri. Konflik yang muncul adalah bahwa dari 12 orang yang berdebat, salah satu berusaha meyakinkan bahwa si anak kecil tidak bersalah dan tak layak dihukum mati.

Film ini hanya mengambil latar sebuah ruangan kecil, namun berhasil menampilkan adegan yang intens dan menarik hingga akhir. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga