5 Ribu Ton Beras Disiapkan Jelang Ramadan di Muna Barat

Putri Wulandari, telisik indonesia
Senin, 13 Maret 2023
0 dilihat
5 Ribu Ton Beras Disiapkan Jelang Ramadan di Muna Barat
Pemda Muna Barat saat berkunjung ke Kantor Bupati Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Siapkan stok beras sekitar 5000 ton, pemerintah daerah persiapkan untuk ketersediaan pangan pada Ramadan hingga Idul Fitri 2023 "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Siapkan stok beras sekitar 5000 ton, pemerintah daerah persiapkan untuk ketersediaan pangan pada Ramadan hingga Idul Fitri 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat, Bahri mengatakan, untuk persiapan ketersediaan pangan pada stok beras jelang Ramadan hingga Idul Fitri 2023 mencapai 5000 ton, sehingga upaya yang dilakukan pemerintah daerah bekerja sama dengan berbagai daerah misalnya Kabupaten Konawe dan Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan.

"Kemudian salah satu langkah telah disiapkan sawah 100 hektare untuk lumbung padi, dan tahun ini pemda tambah 50 hektare untuk cetak sawah," Kata Bahri, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Hutan Warangga Dirambah, Muna Terancam Kekeringan

Selain beras pemerintah daerah juga jalin kerjasama untuk pemenuhan komoditi lainnya seperti telur dan minyak agar tidak terjadi kelangkaan stok pangan.

Kemudian Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Sidenreng Rappang, Semuel K mengatakan, permintaan Kabupaten Muna Barat pada dua komoditi beras dan telur akan tetap dipenuhi oleh pihaknya, pasalnya dua komoditi tersebut mengalami surplus.

"Seberapapun permintaan Kabupaten Muna Barat akan kami penuhi," ungkap Semuel.

Ia menyebut dalam per tahunnya gabah kering gilinh yang dihasilkan oleh petani sekira 500.000 ton, jika dikalikan 57 persen mencapai 300.000 ton beras.

Baca Juga: Jaksa Diminta Periksa Kadis Kominfo Medan Soal Dugaan Korupsi

Selanjutnya untuk telur, ia katakan populasi peternak ayam di daerahnya mencapai 4,3 juta ekor, jadi setengah dari itu berpotensi menghasilkan sekitar 2 juta butir telur per hari.

Sehingga kerja sama yang dilakukan melalui bisnis to bisnis atau pengusaha antar pengusaha, ini dikarenakan perusda Muna Barat masih proses pembentukan.

"Pemerintah memfasilitasi distribusi pada dua komoditi ini," ujarnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga