adplus-dvertising

5 Sifat Orang yang Cocok Jadi Pengusaha, Cek Diri Kamu

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 06 Februari 2022
634 dilihat
5 Sifat Orang yang Cocok Jadi Pengusaha, Cek Diri Kamu
Ilustrasi pengusaha. Foto: Repro software.com

" Calon pengusaha sukses harus berani mengambil risiko "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu sumber penghasilan yang dapat diperoleh adalah berbisnis. Bahkan sembilan dari sepuluh pintu rezeki, ada di perniagaan.

Melansir liputan6.com, bermimpi menjadi pengusaha adalah hal baik. Selain bisa membuat orang menjadi kaya, bisnis juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Hanya saja dalam prosesnya, banyak rintangan dan masalah yang akan silih berganti sehingga menjadi pengusaha tidak mudah.


Agar sukses, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Maka untuk tahu apakah kita cocok atau tidak terjun di dunia bisnis, berikut sejumlah ciri atau sifat dari seorang pengusaha seperti dikutip dari www.cekaja.com:

1. Berani ambil risiko

Ciri-ciri pertama kamu calon pengusaha sukses adalah sifat berani ambil risiko. Risiko memang selalu ada dalam kehidupan, terlebih di dunia bisnis.

Namun, mengambil risiko yang dimaksud bukanlah melakukan sesuatu tanpa berpikir panjang dan perhitungan matang. Risiko dilihat sebagai peluang keberhasilan bagi pengusaha sukses.

2. Tidak tertutup

Baca Juga: Konsumsi Makanan Ini, Gairah Seks Pria di Ranjang Meningkat

Sifat terbuka adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. Mengapa demikian? Karena sifat yang mau menerima saran dan kritik dari orang lain akan memberikan kemajuan diri untuk membangun usaha.

Untuk itu, jangan pernah berfikir kritik dan saran orang lain tidak penting. Sebab, saran dan kritik orang lain bisa menjadi masukan berharga bagi pengembangan bisnis.

3. Pintar menganalisis

Seorang pengusaha sukses biasanya merupakan seseorang yang dapat membaca situasi dan mengambil keuntungan dari situasi itu. Pengusaha sukses bisa melihat peluang bisnis besar bahkan dalam belitan masalah sekalipun.

Saat menghadapi masalah, pengusaha sukses mampu menganalisa akar masalah dan menghadirkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

4. Mudah beradaptasi

Ketika terjadi suatu masalah yang tidak diinginkan, entah itu terkait iklim bisnis atau yang lainnya. Perhatikan apakah kamu bisa beradaptasi dengan keadaan yang ada dan merubahnya menjadi keuntungan.

Baca Juga: Berikut Jenis Transportasi Laut di Indonesia, Jadi Urat Nadi Ekonomi

Apabila kamu memiliki kemampuan tersebut, maka kamu cocok dengan dunia bisnis yang terkenal dinamis dan serba cepat.

5. Berpikir beda

Apabila ingin meraih sukses sebagai pengusaha maka kamu perlu berpikir di luar kebiasaan. Pengusaha sukses biasanya mempunyai cara berpikir yang berbeda daripada orang kebanyakan.

Meskipun perbedaan cara berpikir tersebut nantinya mendapat cibiran dari berbagai kalangan bahkan keluarga sekalipun. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga