5 Skill Wajib Dimiliki untuk Sukses di Era Milenial

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 20 Agustus 2022
0 dilihat
5 Skill Wajib Dimiliki untuk Sukses di Era Milenial
Soft skill menjadi kebutuhan wajib untuk bisa bertumbuh dan sukses di era milenial saat ini. Foto: Repro sampoernauniversitas.ac.id

" Di era milenial saat ini, banyak dari kita yang dituntut untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu yang singkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu hal yang menetukan kesuksesan seseorang di masa mendatang adalah soft skill atau kemampuan yang dia miliki saat ini.

Dikutip dari gramedia.com, soft skill adalah kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya. Dalam hal ini, soft skill adalah karakter bawaan individu.

Soft skill bisa saja dipelajari, akan tetapi tidak dengan cara belajar formal layaknya di bangku sekolahan atau perkuliahan. Hal itu dapat dipelajari dengan lebih banyak melakukan komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, serta dengan melatih kepekaan sosial.  

Dengan begitu, individu itu dapat menerapkannya pada perilaku yang nantinya akan berpengaruh pada kemampuan soft skill.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa soft skill yang dapat berguna untuk membantu menuju kesuksesan masa kini:

1. Inisiatif

Hal ini kedengarannya cukup simpel dan terkesan remeh. Tapi yang harus kamu ketahui adalah masih banyak orang yang belum memiliki rasa inisiatif dalam hidupnya.

Baca Juga: 5 Cara Unik Menabung, Bisa Dicoba

Rasa inisiatif menunjukkan bahwa diri kita sudah siap dan ingin memulai untuk menerima hal-hal baru.

Selain itu jika kita memiliki rasa inisiatif maka orang lain akan memandang diri kita dengan seseorang yang memilki rasa ingin tahu yang tinggi.

2. Fokus

Di era milenial saat ini, banyak dari kita yang dituntut untuk mengerjakan banyak hal dalam waktu yang singkat. Tentunya banyak dari kita yang akan merasa kesulitan untuk fokus ketika harus mengerjakan banyak hal.

Oleh karena itu mempunyai skill untuk dapat tetap fokus merupakan hal yang sangat berguna di era sekarang ini.

Jika kamu ingin memiliki skill tersebut, kamu dapat berlatih dengan berfokus pada hal-hal prioritas terlebih dahulu.

3. Teamwork

Dalam hidup ini kita tidak akan selamanya dapat melakukan pekerjaan sendirian. Adakalanya kita membutuhkan bantuan orang lain.

Oleh karena itu skill untuk bekerja sama dengan orang lain akan sangat berguna pada era sekarang. Jika kita tidak melatih skill bekerja sama maka kita akan kesulitan jika kita harus melakukan pekerjaan yang dikerjakan secara berkelompok.

4. Komunikasi

Ketika kita ahli dalam berbagai bidang akan tetapi kita tidak ahli dalam hal komunikasi, maka kita akan mendapatkan tanggapan negatif dari orang-orang di sekitar kita.

Kemampuan berkomunikasi akan berguna ketika kita ingin menyampaikan sebuah ide atau tanggapan kepada orang-orang di sekitar kita.

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Sering Menahan Kentut Bagi Kesehatan

Jika kita memiliki skill komunikasi yang baik maka ide atau tanggapan yang kita sampaikan akan dengan mudah untuk dipahami.

5. Time management

Di era yang serba cepat ini kita harus pintar mengatur waktu yang kita miliki. Kita harus dapat memaksimalkan setiap kegiatan dengan porsi waktu yang kita miliki.

Dengan mengatu waktu dengan baik kita tidak akan merasa kewalahan dan pekerjaan kita pun akan terkendali. Dan hidup kita akan terasa tenang dan bahagia. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga