5 Tips Jitu Tidak Malas untuk Salat Tarawih

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Jitu Tidak Malas untuk Salat Tarawih
Kita perlu mengetahui tips agar semangat ikut salat tarawih setiap malam. Foto: Repro google.com

" Salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dilakukan di bulan ramadan adalah shalat tarawih. Maka perlu mengetahui tips agar sangat ikut salat tarawih setiap malam "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan dilakukan di bulan ramadan adalah shalat tarawih. Maka perlu mengetahui tips agar sangat ikut salat tarawih setiap malam.

Dikutip dari tribunnews.com, salat tarawih merupakan ibadah sunnah yang khusus hanya dikerjakan pada bulan ramadan saja.

Hukum mengerjakan salat tarawih adalah sunnat muakkad, yang artinya salat sunnah ini sangat dianjurkan sebab tingkatannya hampir mendekati ibadah wajib.

Baca Juga: Ini Syarat dan Merk Motor Listrik Subsidi Rp 7 Juta

Hanya saja seringkali kita merasa lelah pada malam hari. Maka perlu mengetahui tips agar sangat ikut salat tarawih setiap malam.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips untuk semangat melaksanakan ibadah salat tarawih:

1. Sempatkan Tidur Siang

Di tengah kesibukan pekerjaan dan aktivitas yang kamu jalani, kamu bisa meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang.

Meskipun sebentar namun hal ini bisa memberikan cukup energi untuk shalat tarawih sehingga kamu bisa melaksanakan salat tarawih tanpa merasa ngantuk.

2. Perkuat Keimanan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar semangat salat tarawih adalah memperkuat keiman. Kamu perlu berusaha untuk memantapkan hati dan menguatkan niat untuk menjalankan salat tarawih.

Kamu juga perlu mengetahui keistimewaan melaksanakan salat tarawih di setiap malam bulan ramadan. Hal ini bisa membuat kamu menjadi lebih semangat untuk menabung banyak pahala selama bulan ramadan.

3. Tahan Napas saat Sujud

Tips terakhir yang bisa kamu praktikkan agar tidak mengantuk saat salat tarawih adalah dengan menahan napas ketika sujud. Hal ini dikarenakan umumnya rasa kantuk akan terasa semakin kuat saat sedang sujud.

Sehingga dengan menahan napas sebentar maka kamu bisa tetap fokus dengan salat tarawih yang sedang kamu lakukan.

4. Jangan Makan Berlebihan

Tips selanjutnya agar kamu tidak merasa malas untuk melaksanakan salat tarawih adalah hindari makan berlebihan. Jangan biasakan untuk balas dendam dengan makan banyak saat buka puasa.

Karena kebiasaan ini bisa membuat kamu menjadi mudah mengantuk. Sebaiknya makan takjil terlebih dulu saat buka puasa. Kemudian kamu bisa melanjutkan makan besar setelah ibadah salat tarawih.

Baca Juga: 7 Pilihan Jenis Olahraga untuk Lawan Depresi

5. Hindari Dekat dengan Kipas Angin atau AC

Saat melaksanakan salat tarawih di masjid, sebaiknya pilih posisi salat yang jauh dari kipas angin atau AC. Sebab, jika kamu dekat dengan kipas angin atau AC kamu mungkin akan lebih mudah mengantuk karena adanya semilir udara dingin.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan agar tetap semangat melaksanakan salat tarawih. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga