5 Tips Praktis Menyiapkan Menu Sahur Tanpa Ribet

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Rabu, 22 Maret 2023
0 dilihat
5 Tips Praktis Menyiapkan Menu Sahur Tanpa Ribet
Penting untuk mengetahui tips menyediakan sahur secara praktis dan mudah. Foto: Repro google.com

" Sebelum berpuasa kita dianjurkan untuk melakukan sahur. Namun seringkali kita kepepet karena telat bangun sahur, sehingga butuh cepat menyediakan makanan sahur "

KENDARI, TELISIK.ID - Sebelum berpuasa kita dianjurkan untuk melakukan sahur. Namun seringkali kita kepepet karena telat bangun sahur, sehingga butuh cepat menyediakan makanan sahur.

Pada dasarnya, dikutip dari kemenag.go.id, sahur merupakan sunah Rasulullah. Kesunahan sahur menjadi pembeda puasa umat Islam dengan umat-umat sebelumnya.

Sahur diartikan aktivitas memakan makanan atau minuman sebelum seseorang memulai puasa dan sebelum waktu imsak datang. Hukum sahur adalah sunnah. 

Dalam sebuah hadits riwayat Anas bin Malik dijelaskan bahwa Rasulullah SAW pernah merindukan: “Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah.” (Muttafaqun 'alaih).

Baca Juga: 7 Pilihan Jenis Olahraga untuk Lawan Depresi

Olehnya itu, penting untuk mengetahui tips menyediakan sahur secara praktis dan mudah agar kita bisa tidak melewatkan sahur yang didalamnya ada keberkahan.

Melansir yoursay.id, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat menyiapkan menu sahur:

1. Sediakan Stok Bumbu Dasar

Agar kamu makin mudah dan praktis menyiapkan menu untuk sahur, kamu bisa membuat stok bumbu dasar.

Kamu bisa menyiapkan bumbu dasar yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, ketumbar, sedikit merica, dan rempah-rempah. Kemudian dimasak hingga harum dan simpan dalam kulkas. 

2. Buat Meal Plan

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan agar kamu lebih praktis dalam menyiapkan menu sahur adalah dengan membuat meal plan. Kamu bisa catat menu sahur dan buka selama seminggu ke depan.

Jangan lupa catat juga bahan-bahan yang kamu perlukan untuk memasak menu makanan tersebut. Dengan cara ini, kamu akan lebih rileks dan tak tergesa-gesa saat menyiapkan sajian sahur.

3. Siapkan Persediaan Makanan Lain

Saat memasuki bulan Ramadan, kamu juga perlu menyiapkan persedian bahan makanan yang mudah dibuat saat sahur. Seperti misalnya oatmeal dan sereal. Makanan ini sangat berguna saat kamu bangun terlalu mepet dengan waktu Imsak.

Kamu bisa menyiapkan menu oatmeal dan sereal dalam waktu yang relatif cepat. Meskipun sederhana namun jenis makanan ini sehat dan mengenyangkan. 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Tidak Malas untuk Salat Tarawih

4. Siapkan Bahan Makanan pada Malam Hari

Selepas melaksanakan ibadah sholat tarawih, kamu bisa mulai menyiapkan bahan-bahan yang akan diolah untuk menu sahur.

Cuci dan potong-potong sayur dan bumbu yang akan dimasak sebagai menu sahur. Kemudian simpan bahan-bahan tersebut ke dalam kulkas. Dengan cara ini, maka saat waktu sahur tiba kamu hanya tinggal memasaknya saja. 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Telisikers lakukan untuk menyiapkan menu sahur secara praktis. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga