6 Bahan Alami untuk Meratakan Warna Kulit

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Rabu, 11 Januari 2023
0 dilihat
6 Bahan Alami untuk Meratakan Warna Kulit
Warna kulit yang tidak merata bisa diatasi dengan beberapa bahan alami yang mudah didapatkan. Foto: Repro Cnfstore.com

" Untuk meratakan warna kulit, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan "

KENDARI, TELISIK.ID - Pigmentasi adalah pewarnaan kulit. Pigmentasi yang berlebih, atau hiperpigmentasi biasanya ditandai dengan warna kulit yang tidak merata pada area tertentu.

Kulit mempunyai zat melanin yang merupakan salah satu jenis pigmen di dalamnya. Semakin banyak zat melanin pada kulit seseorang, maka akan semakin gelap warna kulitnya.

Begitupun dengan warna kulit yang tidak merata disebabkan oleh terlalu banyaknya zat melanin hanya pada bagian kulit tertentu saja.

Dikutip dari Health.okezone.com dan Lifestyle.sindonews.com, berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan hiperpigmentasi pada kulit.

1. Cuka sari apel

Banyak orang menggunakan cuka sari apel pada kulitnya untuk mencoba meringankan pigmentasi yang tidak diinginkan. Cuka sari apel mengandung asam asetat, yang dalam beberapa kasus dapat bertindak sebagai pengelupasan kimia ringan.

Sebagai studi dalam jurnal Pengobatan Pelengkap dan Alternatif Berbasis Bukti atau Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mencatat, cuka sari apel juga mengandung polifenol. Zat ini bertindak sebagai antioksidan dan dapat melindungi sel-sel kulit. Namun, bukti penggunaan cuka sari apel untuk hiperpigmentasi ini masih terbatas.

2. Olahan susu/yogurt atau susu

Yogurt dan susu sama-sama mengandung asam laktat, yang merupakan bahan umum dalam pengelupasan kimia untuk kulit. Jumlah kecil dalam makanan ini juga dapat membantu hiperpigmentasi ringan.

Menerapkan yogurt atau susu secara langsung ke area berpigmen atau merendam kapas dalam susu dan mengoleskannya ke area tersebut dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan rumahan untuk pigmentasi.

Baca Juga: Kenapa Lutut dan Siku Berwarna Gelap? Ini Penjelasannya

Caranya adalah mendiamkan yogurt atau susu selama beberapa menit, lalu membilas area tersebut secara menyeluruh dan mengoleskan pelembab. Ulangi proses ini dua kali sehari dapat membantu untuk memperbaiki bintik-bintik pada kulit.

3. Teh hijau

Teh hijau dan bahan aktif utamanya, epigallocatechin-3-gallate (EGCG), dapat membantu mengubah pigmentasi kulit dalam beberapa kasus.

EGCG merupakan senyawa antioksidan yang dapat membantu memblokir proses dalam sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih. Daun teh hijau sendiri juga mengandung asam galat dan asam ellagic, yang dapat membantu memperbaiki kulit. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk mendukung teori ini.

Perawatan rumahan yang dapat dicoba adalah dengan mengoleskan kantong teh hijau basah ke area berpigmen selama beberapa menit setiap hari.

4. Vitamin C

Ulasan di Jurnal Bedah Kulit dan Estetika menyoroti potensi pengobatan rumahan untuk hiperpigmentasi, termasuk vitamin C. Dalam bentuk seperti asam askorbat atau asam sitrat, vitamin C dapat membantu mengubah penampilan kulit.

Namun, tinjauan tersebut juga mencatat bahwa kadar vitamin C yang bervariasi dalam makanan membuat sangat sulit untuk mengukur efeknya. Namun, para peneliti juga mengamati bahwa vitamin C hampir tidak memiliki efek samping dan menggabungkannya dengan pilihan lain dapat meningkatkan efektivitasnya.

Menerapkan sumber vitamin C yang mudah didapat, dari buah-buahan seperti anggur, lemon, atau pepaya yang diaplikasikan langsung ke kulit dapat membantu meningkatkan antioksidan di permukaan kulit dan mencerahkan sel seiring waktu.

Orang dapat menggunakan sumber ini bersama dengan pengobatan rumahan lainnya untuk pigmentasi agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Perlu dicatat bahwa vitamin C tidak menembus kulit dengan baik.

5. Bawang merah

Bawang merah atau Allium cepa, juga bisa menjadi bahan pemutih kulit yang bermanfaat atau cocok bagi sebagian orang.

Sebuah studi tahun 2011 di jurnal Natural Product Research mencatat bahwa isolat dari bawang merah memblokir tindakan sel yang menyebabkan pigmentasi berlebih.

Baca Juga: 4 PO Bus Mewah Bak Hotel Berjalan

Terkait hal tersebut, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk melihat apakah bawang merah itu sendiri efektif, namun banyak orang masih menggunakan bawang merah sebagai pengobatan rumahan untuk pigmentasi.

Cara sederhana untuk menggunakan bawang merah ini adalah dengan menggiling bawang dan membungkusnya ke kantong kosong dan kemudian oleskan atau tempelkan kantung ke area hiperpigmentasi.

6. Lidah buaya

Menerapkan gel lidah buaya langsung ke kulit berpigmen juga bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi pigmentasi dari waktu ke waktu.

Sebuah studi di jurnal Planta Medica, yang melibatkan sel kecebong, mencatat bahwa bahan aktif lidah buaya, yang disebut aloesin atau aloin, dapat membantu mengurangi pigmentasi kulit.

Namun masih diperlukan lebih banyak penelitian terkait kulit manusia mungkin membantu memberikan dukungan yang lebih baik untuk hasil ini. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga