6 Kartun Generasi 90-an yang Buat Kamu Nostalgia, Nomor 2 Bikin Haru

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 18 Oktober 2020
0 dilihat
6 Kartun Generasi 90-an yang Buat Kamu Nostalgia, Nomor 2 Bikin Haru
Sejumlah film kartun di era 90-an. Foto: Repro google.com.

" Film kartun benar-benar menjadi salah satu hiburan yang begitu dinantikan, makanya tayangan kartun begitu melekat di benak anak-anak yang menikmati hiburan layar televisi pada zamannya, terutama bagi anak generasi 90-an kala itu. "

KENDARI, TELISIK.ID - Film kartun menjadi tayangan yang dinanti anak-anak, apalagi di waktu libur sekolah.

Film kartun benar-benar menjadi salah satu hiburan yang begitu dinantikan, makanya tayangan kartun begitu melekat di benak anak-anak yang menikmati hiburan layar televisi pada zamannya, terutama bagi anak generasi 90-an kala itu.

Namun, anak kelahiran tahun 90-an kini telah dewasa. Sehingga dengan mengingat film kartun yang tayang di televisi menjadikan mereka bisa bernostalgia di masa kanak-kanaknya.

Berikut kartun generasi 90-an bikin nostalgia yang dirangkum Telisik.id dari berbagai sumber. Artikel ini dibuat semata-mata untuk anak yang kelahiran sekitar 1990-1999, sebagai ajang mengobati kerinduan masa kecil, menantikan libur hari Minggu, serta memancing keinginan untuk menonton lagi.

 

Film kartun Sailor Moon. Foto: Repro google.com

 

1. Sailor Moon

Kartun keren generasi 90-an yang masih menjadi idola hingga saat ini ialah Sailor Moon. Bercerita tentang kepahlawanan 5 gadis SMA dengan kekuatan super.

Diambil dari elemen-elemen alam dan tata surya untuk melawan berbagai musuh dari kegelapan. Begitu populernya, hingga 2020 kembali rilis komik Sailor Moon Deluxe.

 

Hachi petualangan seekor lebah. Foto: Repro google.com.

 

2. Petualangan Hachi si Lebah Madu

Anak 90-an bisa dibuat terharu dengan kisah petualangan Hachi si lebah madu yang mencari ibunya. Film kartun keren ini tak hanya tenar di Indonesia saja, tapi merambah hingga Eropa.

Hachi dipisahkan dari ibunya saat sarangnya dihancurkan oleh serangan tawon. Setiap episode mengandung moral tentang sosial yang bisa dicerna anak-anak.

 

Film serial Detektif Conan. Foto: Repro google.com.

 

3. Detektif Conan

Kartun keren berikutnya, Detektif Conan. Mengisahkan tentang seorang detektif SMA, Shinichi Kudo. Tubuhnya menyusut menjadi kecil saat menyelidiki sebuah organisasi misterius.

Melalui nama baru, Conan Edogawa, dia mulai menyelidiki berbagai kasus bersama para rekannya. Kisahnya semakin lengkap dengan kelucuan Ran Mouri dan ayahnya, Kogoro Mouri.

 

Film kartun serial One Piece. Foto: Repro Google.com

 

4. One Piece

Seri manga Jepang sejak 1997 yang masih bertahan hingga saat ini. Kartun keren yang satu ini sempat tayang di Indonesia, tapi hanya sampai episode 20an. Hingga para penggemarnya harus beralih ke komik.

 

Film kartun Scooby Doo. Foto: Repro google.com

 

5. Scooby-Doo

Beralih ke film kartun garapan Amerika Serikat. Siapa yang tak kenal anjing lucu Scooby-Doo? Pasti generasi 90-an begitu merindukan aksi konyolnya menangkap para hantu, bersama Shaggy Rogers, Fred, Daphne dan Velma.

Kartun yang menceritakan kelompok remaja bernama "Mystery, Inc" ini begitu populer. Sampai pernah rilis biskuit 'Scooby snack' yang dijajakan di warung dan pinggir jalan kala itu.

 

Film kartun Shin-chan. Foto: Repro Google.com

 

6. Crayon Shin-chan

Kartun keren generasi 90-an yang bikin nostalgia berikutnya, Shin Chan. Mengisahkan keluarga Shinnosuke 'Shin' Nohara bersama kedua orang tua, adik, anjing dan sahabatnya yang kocak.

Petualangan bocah berusia lima tahun yang berlatar belakang di Kasukabe, Prefektur Saitama. Pertama kali tayang pada 1992 di Jepang. Shin Chan pernah menjadi animasi terlaris ke-24 dari 100 juta kopi manga di dunia. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga