6 Keuntungan Miliki Kulit Wajah Berminyak

Andi Irna Fitriani, telisik indonesia
Jumat, 27 Mei 2022
0 dilihat
6 Keuntungan Miliki Kulit Wajah Berminyak
Kulit wajah berminyak sering dianggap masalah bagi banyak orang. Namun tanpa sadar jenis kulit ini tidak selamanya buruk. Foto: Repro orami.co.id

" Pemilik kulit berminyak harus menjaga kebersihan wajah dan kadar minyak agar tak mudah berjerawat "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki kulit wajah berminyak sering dianggap masalah bagi banyak orang terutama untuk wanita. Kondisi ini kerap membuat jengkel, lantaran wajah terlihat mengkilap dan mudah timbul jerawat

Apalagi bagi anak remaja, di mana kandungan hormon sedang aktif-aktifnya memproduksi minyak. Pemilik kulit berminyak harus menjaga kebersihan wajah dan kadar minyak agar tak mudah berjerawat.

Tapi jangan sedih, punya wajah berminyak tidak selamanya buruk. Malansir dari cnnindonesia.com dan yoursay.suara.com, berikut beberapa keuntungan tersendiri bagi pemilik kulit berminyak:

1. Mencegah penuaan dini

Orang dengan kulit kering akan terlihat tua lebih cepat, jika dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit berminyak. Selain itu, kulit wajah kering akan lebih cepat menimbulkan keriput, juga garis-garis halus.

Hal itu karena adanya kandungan sebum pada kulit wajah, yang merupakan salah satu anti aging alami paling ampuh dalam mempertahankan elastisitas kulit wajah.

Produksi sebum pada kulitmu ini akan membuat wajah lebih kenyal dan tampak lebih muda. Jadi, bersyukurlah kamu yang memiliki kulit berminyak.

2. Tidak mudah mengalami iritasi kulit

Memiliki kulit berminyak akan meminimalisir dari risiko iritasi kulit. Seperti eczema dan psoriasis yang bisa terjadi akibat kulit terlalu kering.

Dalam hal ini, hidrasi ekstra sangat penting untuk menyingkirkan iritasi atau gatal-gatal.

Baca Juga: Berkunjung ke Indonesia, Mesut Ozil Ingin Salat Jumat di Masjid Istiqlal

Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, kulit akan terus terasa lembab sehingga hal ini bisa meminimalisir risiko iritasi kulit di wajah.

3. Wajah tampak lebih cerah alamai

Kulit wajah yang cenderung berminyak akan membantu membuat wajah lebih bercahaya secara alami. Kilau alami dari kulit wajah berminyak ini tak selalu buruk setiap saat.

Kamu hanya perlu mengontrolnya agar tidak terlalu berlebihan. Misalnya dengan menggunakan kertas minyak khusus untuk wajah atau menggunakan rangkaian skincare yang tepat. Hal itu akan membuat kulit terlihat seperti glowing alami.

4. Mendapatkan kelembapan secara alami

Kandungan zat sebum berlebih yang terdapat pada kulit berminyak juga bermanfaat dalam memberikan kelembapan pada kulit secara alami

Sehingga akan menjaga kulit jadi lebih sehat dan halus. Tidak seperti kulit kering yang memerlukan serangkaian produk perawatan kecantikan, kulit berminyak hanya membutuhkan moisturizer untuk menjaga kesehatan kulitnya.

5. Melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV

Selain membuat kulit tampak lebih muda serta membuatnya terhindar dari bahaya dehidrasi, ternyata sebum juga sangat efektif untuk menangkal sinar UV yang akan meresap ke dalam kulit.

Dengan adanya lapisan sebum di permukaan kulit wajah, sinar UV tidak akan terpapar langsung di kulit karena harus menembus lapisan sebum terlebih dahulu.

Baca Juga: Selain Sambut Penumpang, Ini Alasan Lain Pramugari Berdiri di Pintu Pesawat

Tidak hanya itu, vitamin E alami yang terkandung pada sebum sangat efektif untuk digunakan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

6. Kulit jadi lebih halus

Meskipun kulit berminyak lebih sering mengalami masalah, namun seseorang dengan wajah berminyak memiliki permukaan kulit yang lebih halus dan lembut.

Seiring dengan berjalannya waktu, maka kulit akan menjadi lebih lembut. Hidrasi alami ini akan memungkinkan kulit untuk beregenerasi lebih mudah.

Untuk diketahui, sebum adalah zat berminyak berwarna kekuningan yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. (C)

Penulis: Andi Irna Fitriani

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga