6 Minuman Tinggi Kalori Ini Bisa Bikin Berat Badan Kamu Naik

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 04 November 2022
0 dilihat
6 Minuman Tinggi Kalori Ini Bisa Bikin Berat Badan Kamu Naik
Kalori yang diperoleh dari makanan dan minuman akan diubah menjadi energi melalui proses metabolisme yang mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh. Foto: Repro Ladiestory.id

" Kalori merupakan nilai yang menunjukkan jumlah energi yang diperoleh dari makanan dan minuman "

KENDARI, TELISIK.ID - Kalori merupakan nilai yang menunjukkan jumlah energi yang diperoleh dari makanan dan minuman.

Dikutip dari alodokter.com, memenuhi kebutuhan kalori setiap harinya sangat penting dilakukan agar Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, selain tentunya agar fungsi dan proses di dalam tubuh Anda berjalan dengan baik.

Kalori yang diperoleh dari makanan dan minuman akan diubah menjadi energi melalui proses metabolisme. Energi tersebut akan digunakan untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai organ tubuh. Sisa kalori yang tidak diubah menjadi energi akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Baca Juga: Waspada, 6 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Melansir cnnindonesia.com, berikut daftar minuman sehari-hari yang menyumbang banyak kalori:

1. Minuman kopi kekinian

Pada dasarnya kopi hitam tanpa bahan tambahan apapun memang bebas kalori. Namun sekarang, sudah banyak bermunculan minuman kopi dengan tambahan susu dan gula yang lebih digemari dan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat.

Minuman kopi campuran ini diketahui menjadi penyumbang kalori yang sangat besar, terutama jika dicampur sirup dan krimer. Tiap gelas kopi bisa memiliki kandungan sekitar 500-650 kalori dan 20 hingga 25 gram lemak.

2. Smoothies buah

Smoothies memang tampak sehat karena mengandung buah-buahan. Namun banyak juga smoothies yang dibuat dengan sirup manis atau ditambahkan es krim sehingga membuatnya jadi minuman tinggi kalori.

Smoothie buah berkalori tinggi dapat menyumbang sekitar 450 kalori dan 24 gram lemak. Cobalah smoothie buah dengan buah beku, yogurt bebas lemak, dan jus sebagai gantinya.

3. Teh manis

Sama halnya dengan kopi, teh yang dasarnya memiliki nol kalori jika diminum tanpa bahan tambahan akan menyumbang banyak kalori jika dicampur pemanis seperti susu, madu, atau gula.

Kalori yang terdapat pada teh manis tergantung dari seberapa banyak gula yang Anda tambahkan ke dalam cangkir teh Anda. Namun, mengonsumsi teh manis tentunya akan berpengaruh pada hasil diet karena minuman ini mengandung tinggi kalori.

4. Minuman beralkohol

Beberapa jenis minuman koktail diketahui mengandung banyak kalori dan menjadikannya minuman tinggi kalori. Beragam koktail dihidangkan dengan santan, krim, serta memiliki banyak kandungan gula. Segelas koktail pina colada diketahui bisa menyumbang sekitar 700 kalori. Sementara anggur putih pun diketahui memberikan 250 kalori tiap 250 ml yang diminum.

Baca Juga: 7 Minuman Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Gula Darah

5. Minuman bersoda

Selain mengandung bahan kimia dan tidak memiliki nilai gizi, soda juga dikenal memiliki tinggi kalori. Minuman bersoda memiliki banyak kandungan gula yang bisa mengakibatkan penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, gangguan daya ingat, dan lainnya.

6. Jus buah

Jus buah sering dipersepsikan sebagai minuman yang sehat karena terbuat dari buah-buahan. Meski mengandung vitamin, nutrisi dan mineral, konsumsi jus buah perlu diperhatikan karena beberapa jus mengandung 117 kalori dalam satu gelasnya. Maka dari itu, jus tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan untuk menjaga tubuh tetap ideal karena menjadi salah satu minuman tinggi kalori.

Nah, itulah daftar minuman sehari-hari yang menyumbang banyak kalori. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga