657 Polisi dan 136 Kendaraan Dikerahkan Pengamanan Labuan Bajo Jelang ASEAN Summit

Berto Davids, telisik indonesia
Rabu, 03 Mei 2023
0 dilihat
657 Polisi dan 136 Kendaraan Dikerahkan Pengamanan Labuan Bajo Jelang ASEAN Summit
Ratusan anggota polisi dikerahkan pengamanan Labuan Bajo jelang ASEAN Summit. Foto: Ist.

" Sebanyak 657 personel polisi bersama 136 kendaraan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), dikerahkan dalam pengamanan Labuan Bajo menjelang kegiatan ASEAN Summit di wilayah itu "

MANGGARAI BARAT, TELISIK.ID - Sebanyak 657 personel polisi bersama 136 kendaraan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), dikerahkan dalam pengamanan Labuan Bajo menjelang kegiatan ASEAN Summit di wilayah itu.

Ratusan anggota Polri dan kendaraan tersebut merupakan bantuan kendali operasi Polda Nusa Tenggara Timur untuk pengamanan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

"Mereka sudah tiba sejak Minggu (30/4/2023) malam dengan menumpang dua unit kapal feri penyeberangan carteran," ujar Kapolda Nusa Tenggara Timur, Irjen Pol. Joni Asadoma, Rabu (3/5/2023).

Selanjutnya, kata Kapolda, pada 6 hingga 13 Mei mendatang, pihaknya akan menggelar Operasi Komodo di Labuan Bajo. Operasi ini fokus pada pengamanan Bandara Udara Komodo, ruas jalan, venue utama penyelenggaraan pertemuan para delegasi dan kepala negara serta obyek vital lainnya.

Baca Juga: Wakapolri Pastikan Sarana Prasarana ASEAN Summit di Labuan Bajo Aman

"Nantinya secara keseluruhan Mabes Polri akan menerjunkan 2.627 personel Polri untuk mengamankan penyelenggaraan KTT ASEAN 2023," katanya.

Sementara itu Kabag Dalops Biro Ops Polda Nusa Tenggara Timur, AKBP FX Irwan Arianto mengatakan, personel yang bergeser berjumlah 657 personel. Kemudian, turut dilakukan pergeseran atas kendaraan pengamanan berupa 64 roda dua, 62 roda empat, dan kendaraan roda enam 18 kendaraan.

Baca Juga: 11 Kepala Negara Akan Pakai Kemeja dan Selendang Tenun Khas di ASEAN Summit Labuan Bajo

Dijelaskannya, seluruh personel pengamanan, baik dari Mabes Polri dan BKO Polda lainnya akan apel gelar pasukan pada 5 Mei 2023. Kemudian, pada 6-8 Mei 2023, tamu undangan akan hadir.

“Kami siap untuk mengamankan ASEAN Summit ke-42 di Labuan Bajo,” ungkapnya. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga