7 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam dengan Bahan Alami

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 Juli 2022
0 dilihat
7 Cara Memutihkan Selangkangan Hitam dengan Bahan Alami
Kulit di sekitar ketiak lipatan kulit ataupun selangkangan lebih gelap merupakan hal yang normal. Foto: Repro detikHealth

" Kulit tangan maupun bagian wajah yang sering terpapar matahari masih cenderung lebih terang daripada kulit bagian yang tertutup seperti ketiak maupun selangkangan "

KENDARI, TELISIK.ID - Kulit tangan maupun bagian wajah yang sering terpapar matahari masih cenderung lebih terang daripada kulit bagian yang tertutup seperti ketiak maupun selangkangan. Mengapa demikian?

Ternyata penyebab selangkangan dan area lipatan kulit menghitam karena menghasilkan lebih banyak zat melanin pewarna kulit (hiperpigmentasi) ketimbang bagian tubuh lainnya.

Meski menghitamnya kulit di sekitar ketiak, lipatan kulit ataupun selangkangan merupakan hal yang normal. Tapi dalam beberapa kasus, hal ini juga di pengaruhi oleh beberapa hal salah satunya adalah masalah kesehatan.

Penyebab gelapnya area selangkangan bisa disebabkan banyak hal seperti lecet akibat berolahraga atau berjalan yang membuat kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna. Ketidakseimbangan hormon, terutama pada wanita selama menyusui, hamil, atau menstruasi. Dan efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi.

Dikutip dari alodokter.com, faktor lain penyebab menghitamnya di area selangkangan adalah pemakaian celana dalam yang ketat yang terbuat dari bahan sintetik, sering mencukur bulu kemaluan, dan ketidakseimbangan hormon. Selain itu sel kulit mati yang menumpuk, iritasi dari infeksi, kekurangan vitamin, dan obesitas juga ditengarai dapat membuat kulit di sekitar organ intim menghitam.

Dilansir dari suara.com, jaringan Telisik.id, beberapa bahan-bahan alami berikut bisa membantu memutihkan selangkangan hitam.

1. Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun bersifat antioksidan yang berguna melindungi sel kulit dari radikal bebas. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung zat linoleic acid yang dapat mengontrol kadar air dalam tubuh. Cara penggunaannya, cukup campurkan 4 sendok makan zaitun dengan 2 sendok makan madu. Oleskan pada bagian selangkangan dan pijat halus area tersebut seperti sedang menggunakan lulur.

2. Bengkoang

Kandungan Vitamin C pada bengkoang dapat membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda atau garis hitam pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan bengkoang sering digunakan sebagai bahan utama pada produk lulur pemutih kulit. Bengkoang bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dan memicu regenerasi sel kulit. Anda hanya perlu memarut bengkoang dan gunakan sebagai scrub atau lulur mandi.

3. Susu dan Madu

Campuran kedua bahan ini akan menghasilkan formula yang terasa sangat lembut di kulit. Hal ini dapat mengurangi terjadinya iritasi sebagai salah satu penyebab kulit gelap di area selangkangan.

Selain itu, susu mengandung vitamin D dan B6 yang dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan menjaga kelembapan tubuh. Untuk menggunakannya, campurkan satu gelas susu dengan empat sendok makan madu.

Baca Juga: 5 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Campuran ini dapat anda jadikan lulur sebelum mandi. Diamkan selama tiga puluh menit sebelum dibilas dengan air. Terapkan perawatan ini secara rutin sehingga hasil akhirnya akan maksimal.

4. Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis atau lemon, kedua jenis jeruk ini kaya akan vitamin C yang dikenal dapat membantu memutihkan kulit. Anda bisa memotong jeruk nipis atau lemon menjadi beberapa bagian, lalu gosok secara lembut pada bagian selangkangan.

5. Bubuk Kunyit

Bumbu dapur ini mungkin bisa mencerahkan area selangkangan Anda. Anda bisa mencampur bubuk kunyit dan perasan air jeruk nipis atau lemon. Campuran ini bisa dioleskan ke selangkangan dan diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air dan sabun.

6. Kulit Jeruk

Setelah mengonsumsi jeruk, jangan buang kulitnya. Kulit jeruk bisa dimanfaatkan untuk membantu memutihkan area selangkangan. Cara memutihkan selangkangan dengan kulit jeruk adalah dengan mengeringkan kulit jeruk, lalu tumbuk hingga halus.

Masukkan kulit jeruk ke mangkok, lalu tambahkan perasan air jeruk lemon hingga mengental. Oleskan ke selangkangan dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sambil digosok perlahan-lahan.

7. Mentimun

Selain bisa dimanfaatkan untuk membantu memutihkan kulit, jus mentimun atau irisan mentimun dapat membantu mengurangi iritasi dan mengencangkan kulit selangkangan.

Sebenarnya khasiat dari bahan-bahan di atas dalam hal memutihkan selangkangan belum teruji sepenuhnya secara ilmiah, namun dengan perawatan yang rutin, bahan-bahan alami tersebut kemungkinan bisa membantu memudarkan warna hitam pada selangkangan dan menjadikannya terlihat lebih bersih. Hentikan cara memutihkan selangkangan secara alami di atas jika mengalami iritasi pada area tersebut.

Untuk mencegah selangkangan hitam, Anda dapat melakukan cara mencegah selangkangan hitam berikut ini:

Dikutip dari suara.com, selain cara memutihkan selangkangan, kamu juga perlu mencegah penyebab selangkangan hitam berikut ini:

1. Gunakan celana yang berbahan lembut dan mudah menyerap air untuk menghindari peradangan kulit dan menjaga kulit tetap kering.

Minimalisir penggunaan celana yang ketat untuk menghindari gesekan berlebih.

2. Hindari penggunaan mesin cukur di area selangkangan karena dapat menimbulkan iritasi.

Jaga kebersihan area selangkangan dengan rutin mengganti pakaian dalam.

Baca Juga: 8 Keahlian Wanita yang Harus Dipersiapkan Sebelum Nikah

Untuk mengatasi selangkangan hitam, kamu dapat melakukan perawatan mandiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cara memutihkan selangkangan hitam dengan bahan alami ini jauh lebih aman dibanding menggunakan krim pemutih dari bahan kimia. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga