7 Cara Mudah Kendarai Mobil Matik Bagi Pemula

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 10 Februari 2023
0 dilihat
7 Cara Mudah Kendarai Mobil Matik Bagi Pemula
Perlu mengetahui panduan lengkap cara mengendarai mobil matik untuk pemula. Foto: Stanly/Otomania

" Mobil matik menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin memiliki kendaraan roda empat. Maka perlu untuk mengetahui cara menghindarinya "

KENDARI, TELISIK.ID - Mobil matik menjadi salah satu pilihan bagi yang ingin memiliki kendaraan roda empat. Maka perlu untuk mengetahui cara menghindarinya.

Dikutip dari tempo.co, mobil matik merupakan mobil yang dirancang dengan kemudahan parsnelingnya (transmisi) yang dapat berpindah secara otomatis tanpa menginjak pedal kopling terlebih dahulu. Maka tidak mengherankan jika sebagian masyarakat memilih mobil matik.

Apalagi mobil matik telah dipersiapkan dengan rancangan transmisi otomatis yang kemampuannya bisa menandingi mobil manual. Transmisi otomatis membantu pengemudi untuk tetap fokus memegang kendali setir.

Olehnya itu penting untuk mengetahui cara mengendarai mobil ketik, khususnya untuk pemula.

Baca Juga: 4 Tips Alami Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Bisa Kamu Coba

Melansir daihatsu.co.id, berikut adalah panduan lengkap cara mengendarai mobil matik untuk pemula:

1. Pastikan Tuas Berada Dalam Posisi P atau Parkir

Cara mengemudi mobil matik bagi pemula adalah dengan memastikan tuas berada di posisi yang benar.

Sebelum menyalakan mobil, posisi tuas ini harus ada di posisi P, atau bisa juga pada posisi N.

Pastikan tuas tidak sedang berada di posisi reverse atau R. posisi ini berarti mundur. Mobil matic sendiri hanya akan bisa dihidupkan jika posisi tuas berada di posisi N atau P.

2. Jangan Langsung Hidupkan Mesin

Ketika memasukan kunci pada lubangnya, sebaiknya jangan langsung menyalakan mesin. Namun, pastikan untuk menunggu sampai jarum berputar dan indikator telah aktif atau menyala.

Pada beberapa jenis mobil matik biasanya untuk memberi indicator telah menyala dan kelistrikan sudah hidup maka mobil akan memberikan suara.

Jika semua indikator tersebut sudah aktif, maka kamu sudah bisa menyalakan mesin mobil Sahabat tersebut.

3. Injak Pedal Rem Saat Starter

Untuk beberapa mobil matik tertentu mesin mobil tidak akan berada pada posisi hidup jika tidak menginjak serta menekan pedal bagian rem.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketika kamu menstarter mobil langsung saja menginjak rem. Namun pada beberapa mobil matik, cara ini tidak diperlukan. Jadi pastikan kamu mengetahui jenis kendaraan.

4. Menekan Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas

Ketika mesin sudah dapat menyala, maka langkah selanjutnya yang perlu Kamu lakukan adalah memindahkan tuas yang semula berada pada posisi P atau N, dipindahkan ke posisi juas R atau D.

Namun ketika memindahkan tuas pada persneling, lebih baik untuk dibarengi dengan menekan pedal bagian rem. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya resiko kerusakan pada mesin mobil matik.

5. Pahami Fungsi Tuas Transmisi

Tuas transmisi atau yang juga disebut sebagai perseling adalah komponen yang sangat penting pada mobil. Pada umumnya mobil matik sendiri memiliki beberapa pengaturan transmisi seperti P, D, R, N, M.

Pastikan kamu memahami betul dari setiap fungsi transmisi tersebut sehingga ketika mengendarai mobil matik akan jauh lebih aman sekaligus supaya kamu tidak melakukan kesalahan ketika memindahkan gigi pada transmisi ini.

6. Gunakan Mode Berkendara

Kini berbagai mobil matik bahkan sudah dilengkapi dengan riding mode. Sahabat bisa memilih mode yang sesuai salah satunya adalah mode ekonomis.

Mode yang satu ini cocok sekali untuk yang ingin berkendara dengan lebih santai menggunakan mobil matik.

Jika ingin berkendara dengan kecepatan yang lebih tinggi, kamu bisa menggunakan mode sport. Mode yang satu ini akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Cara Percepat Persalinan yang Perlu Diketahui, Tanpa Bantuan Medis

7. Menggunakan Transmisi Manual

Pada umumnya, mobil matik juga dilengkapi dengan adanya mode manual. Cara mengoperasikannya pun begitu mudah. Kamu bahkan tidak perlu untuk melakukan perpindahan gigi serta menginjak kopling.

Cara mengoperasikan transmisi manual ini adalah dengan memindahkan posisi tuas transmisi pada mode manual atau yang disimbolkan dengan M.

Jika Anda ingin berpindah gigi, Anda hanya perlu menggeser tuas (+) yang berarti menambah gigi, atau menggeser tuas (-) yang berguna untuk mengurangi gigi. Untuk menggunakan mode ini, kamu perlu menekan pedal rem.

Nah, itulah beberapa tahapan cara mengendarai mobil matik untuk pemula. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga