7 Ciri Anak Anda Jenius Sejak Dini, Nomor 7 Mengejutkan

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 24 Agustus 2022
0 dilihat
7 Ciri Anak Anda Jenius Sejak Dini, Nomor 7 Mengejutkan
Beberapa ciri kecerdasan seorang anak, mulai dari cepat memahami kosakata, ingatan yang sempurna, hingga memiliki selera humor yang baik. Foto: Repro orami.co.id

" Tidak sedikit anak-anak jenius bisa mengembangkan kosa kata yang luas dan berbicara dalam kalimat yang kompleks di usia dini "

KENDARI, TELISIK.ID - Memiliki anak adalah anugerah terindah bagi tiap orang tua. Dalam perkembangan si buah hati, orang tua berusaha mendidik agar kelak menjadi orang yang cerdas dan terampil. Namun, bagaimana cara mengindetifikasi seorang anak memiliki kecerdasan?

Dilansir dari sindonews.com dan halodoc.com berikut ini beberapa ciri kecerdasan seorang anak, yaitu:

1. Cepat memahami kosa kata 

Masa anak-anak menjadi waktu pertumbuhan dan perkembangan fisik dan otak, termasuk kemampuan berbahasa. Umumnya, anak-anak akan mulai mengenal satu hingga dua kata sederhana pada awal pembelajaran. Berbeda dengan anak jenius, proses belajar yang terjadi bisa saja lebih cepat dan lebih rumit dibanding anak-anak lain. Tidak sedikit anak-anak jenius bisa mengembangkan kosa kata yang luas dan berbicara dalam kalimat yang kompleks di usia dini. 

2. Memiliki ingatan yang sempurna

Seorang anak jenius sejak dini juga bisa diketahui dari caranya menyimpan informasi. Dalam hal ini, mereka bisa mengingat dengan mudah hal-hal yang biasa dilakukan. Namun, perlu diketahui juga bahwa seiring berjalannya waktu, orang tua harus bersiap karena ingatan tajam mereka akan membuatnya semakin penasaran dengan hal lain.

Baca Juga: Bingung Foto Background Lamaran Kerja, Simak Penjelasannya Berikut Ini

3. Rasa ingin tahu tinggi 

Anak-anak umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu penasaran dengan apa yang dia saksikan. Namun, anak jenius umumnya akan memiliki rasa tertarik dan keingintahuan yang lebih luas lagi. Selain itu, anak-anak dengan kecerdasan di atas rata-rata ini umumnya tidak mudah merasa puas dengan satu jawaban atau satu kali praktek. Dia akan terus mencari tahu dan mencoba hal-hal yang menurutnya menarik sampai benar-benar menguasai hal tersebut. 

4. Terfokus pada satu hal

Di sisi lain, mereka memiliki minat luas, namun dia juga cenderung berfokus pada satu hal dengan intensitas yang cukup lama. Hal ini tentu berbeda dengan anak lain yang mudah teralihkan perhatiannya. Anak-anak jenius tetap berfokus pada satu hal yang sedang dimainkannya. Dia tidak akan tergoda dengan aktivitas lain yang mencoba mengalihkan pikiran mereka.

5. Gemar membaca 

Tidak banyak anak kecil yang gemar membaca buku, apalagi dilakukan dalam jangka waktu panjang. Umumnya, anak-anak lebih suka bermain atau melakukan hal sederhana yang menyenangkan. Sementara anak jenius selalu merasa haus akan pengetahuan sehingga mampu bertahan dalam waktu lama untuk menyelesaikan satu, bahkan beberapa buku, entah buku cerita, buku bergambar, atau permainan stimulasi.

Baca Juga: Daftar 50 Negara Terindah di Dunia 2022, Indonesia Peringkat Pertama

6. Berjiwa pemimpin 

Anak jenius juga bisa dikenali saat ia bermain dengan teman-temannya atau saat berada di dalam sebuah kelompok. Umumnya, anak dengan kecerdasan di atas rata-rata akan secara alami menunjukkan sikap kepemimpinan dan bisa membuat siapa saja mau mengikutinya. Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena kebiasaan berpikir yang dimilikinya serta kemampuan anak dalam mengenali situasi. Anak jenius umumnya akan lebih mudah meyakinkan anak-anak lain untuk melakukan hal yang menurutnya benar.

7. Memiliki selera humor yang baik

Seorang anak usia dini yang bisa membuat lelucon atau permainan kata-kata lucu adalah tanda lain dari orang jenius. Secara umum, mungkin hal ini akan sedikit aneh bagi sebagian orang. Namun, hal ini pernah terjadi pada Abraham Lincoln. Dia awalnya merupakan seorang anak jenius dengan selera humor yang jenaka. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga