adplus-dvertising

7 Kota Ini dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Nomor 6 Paling Terkenal

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 29 November 2021
8106 dilihat
7 Kota Ini dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia, Nomor 6 Paling Terkenal
Salah satu sudut kota di Yogyakarta. Foto: kitaswara.com

" Bukan hanya dari keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan kuliner dan objek wisata. Bahkan beberapa kota di Tanah Air biaya hidupnya terbilang murah "

JAKARTA, TELISIK.ID - Bukan hanya dari keindahan alamnya, Indonesia juga kaya akan kuliner dan objek wisata. Bahkan beberapa kota di Tanah Air biaya hidupnya terbilang murah.

Mengutip wikipedia.org, Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Oseania, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Dari ribuan daerah di Indonesia, ada 7 kota biaya hidup termurah.


Biaya hidup murah tentu banyak menarik minat siapa pun untuk menetap di suatu kota. Terlebih, jika kota-kota termurah itu justru menyediakan berbagai destinasi wisata yang sama murahnya.

Melansir Eramuslim.com yang mengutip dari okezone.com, berikut 7 kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah:

1. Purwokerto

Selain biaya hidup rendah, kota ini juga kerap jadi tujuan para turis karena kekayaan wisata alamnya. Di Purwokerto, Anda cukup merogoh kocek Rp 1,5 juta untuk hidup selama sebulan.

2. Kudus

Kota Kudus terkenal sebagai penghasil rokok yang besar. Meski begitu, biaya hidup di sana cukup rendah hingga dapat masuk ke daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Hidup bersama keluarga untuk satu bulan di Kudus hanya memerlukan biaya sebesar Rp 3 juta saja.

3. Solo

Upah Minimum Kota (UMK) di Solo 2021 sebesar Rp 2.013.810. Solo terkenal akan tempat wisata dan biaya hidupnya yang murah. Dengan modal Rp5 ribu saja, Anda bisa menikmati makanan di sana. Transporasi di Solo juga hanya dipatok seharga Rp 3 ribu – Rp 15 ribu.

Di Solo juga ada fasilitas bus Trans Solo. Bagi para mahasiswa, tentunya fasilitas dan biaya hidup di Solo sangat bersahabat. Pasalnya, biaya hidup di Solo tak berbeda jauh dengan Yogyakarta.

Baca Juga: Mendunia, 3 Alat Musik Tradisional Ini Go Internasional

4. Cirebon

Menyandang predikat sebagai salah satu kota dengan biaya tinggal terendah, kota Cirebon menerapkan harga kebutuhan seperti makanan, kebutuhan rumah, tempat tinggal, hingga transportasi yang relatif murah. Tak terpengaruh zaman modern seperti kota lainya.

Selama sebulan, seseorang bisa hidup di Cirebon hanya bermodalkan sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

5. Sibolga

Kota satu ini mencakup berbagai pantai dan nuansa asri alam dari keindahan lereng yang menghadap pegunungan Sumatera.

Dengan berbagai kenyamanan itu, masyarakat Sibolga bisa hanya hidup dengan modal Rp 1 juta – 1,5 juta per bulannya untuk kebutuhan sehari-hari hingga sewa tempat.

6. Yogyakarta

Di Yogyakarta, biaya hidupnya hanya Rp1 juta – Rp1,5 juta perbulan. Pasalnya, terdapat variasi makanan dan berbagai harga, khususnya di bawah Rp10.000 saja untuk seporsi. Jika Anda menggunakan kos, biayanya hanya berkisar Rp300 – Rp700 ribu perbulan.

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pengeluaran per kapita per bulan warga desa di Jawa Tengah cuma tembus Rp825.060, sedangkan di perkotaan Rp1 juta, tepatnya Rp1.081.327. Di kota ini juga ada berbagai pilihan wisata dengan harga variatif.

Baca Juga: 7 Suku Ini Penghasil Wanita Tercantik di Dunia, Ada yang Berasal dari Indonesia

7. Banyuwangi

Biaya hidup sendiri di Banyuwangi sekitar Rp1 juta-Rp1,5 juta per bulan. Bisa saja lebih rendah, sekitar Rp800 per bulan. Satu keluarga kecil hanya membutuhkan biaya Rp 3,1 juta per bulan untuk hidup di Banyuwangi.

Tak heran, Banyuwangi kerap dipandang sebagai kota termurah untuk mahasiswa. Apalagi, kota ini juga sering menjadi destinasi wisata yang diincar turis. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga