7 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 21 September 2021
0 dilihat
7 Pekerjaan Sampingan yang Bisa Anda Lakukan di Rumah
Ilustrasi pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Foto: Repro highlight.id

" Tren work from home (WFH) saat ini memungkinkan seseorang mendapatkan atau mencari penghasilan tambahan dari rumah. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pekerjaan sampingan banyak dilakukan masyarakat sebagai alternatif menambah penghasilan di luar pekerjaan tetap.

Ada beberapa pekerjaan sampingan di rumah yang bisa jadi referensi.

Banyak tujuan orang mencari pekerjaan sampingan. Bisa untuk mencari modal usaha, mencari pengalaman baru tanpa harus terikat perusahaan, menambah penghasilan, dan banyak lagi lainnya.

Tren work from home (WFH) saat ini memungkinkan seseorang mendapatkan atau mencari penghasilan tambahan dari rumah.

Anda bisa memanfaatkan kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki menjadi cuan tambahan.

Umumnya, pekerjaan-pekerjaan ini bersinggungan dengan internet. Jadi pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil.

Dilansir Cnnindonesia, berikut pekerjaan sampingan yang bisa jadi referensi:

1. Penulis lepas

Pekerjaan sampingan sebagai penulis lepas sudah diminati sejak lama. Seiring maraknya tren media sosial dan perkembangan teknologi, bidang pekerjaan ini mulai banyak digeluti.

Penulis lepas biasanya dibutuhkan untuk memproduksi artikel, konten media sosial, produk pemasaran, dan masih banyak lagi.

Sebutan bagi orang yang melakoni pekerjaan ini adalah copywriter atau juga content writer.

Tantangan dari pekerja sampingan ini adalah mengolah gagasan lalu mengekspresikan ke dalam bentuk tulisan agar mudah dimengerti khalayak luas.

Pendapatan yang didapat bervariasi, tergantung kedalaman dan panjang tulisan serta keahlian menulis.

2. Video editor

Naik daun profesi content creator membuka peluang pekerjaan sampingan video editor. Mengingat tidak semua content creator bisa mengedit, maka jasa video editor lepas terlihat menarik.

Anda yang memiliki kemampuan mengedit dan memiliki peralatan yang menunjang bisa menjajal profesi ini sebagai pekerjaan sampingan.

Tantangan dari pekerjaan ini adalah keterampilan menguasai perangkat editing, memiliki banyak referensi gaya editing, dan hal-hal teknis lainnya.

Baca juga: Mau Dapat Sertifikat Lulus Kartu Prakerja, Begini Caranya

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Mental Ini Wajib Diwaspadai

3. Desainer grafis

Perkembangan teknologi dan platform media sosial beberapa tahun terakhir turut mendorong popularitas pekerjaan desainer grafis.

Desainer grafis bisa menjadi pekerjaan samping di rumah yang banyak dicari pelaku usaha untuk membuah sejumlah desain seperti logo, produk promosi barang dan jasa, desain kemasan, hingga konten media digital.

Mereka yang berlatar belakang pendidikan desain grafis memiliki keuntungan tersendiri untuk mendapat pekerjaan sampingan ini.

Namun, kesempatan ini juga terbuka bagi Anda yang tak memiliki latar belakang pendidikan yang sama, asalkan menguasai dan memiliki kemampuan bersaing.

4. Penerjemah bahasa dan transkripsi

Kemampuan menguasai bahasa asing menjadi nilai lebih bagi seseorang dalam mencari pekerjaan. Hal itu nyata dalam dunia kerja, terlebih apabila Anda menguasai lebih dari 1 bahasa asing selain Bahasa Inggris.

Kemampuan berbahasa Anda bisa dimanfaatkan untuk menerjemahkan dokumen, film, dan masih banyak lagi lainnya.

Mengutip laman The Balance Careers, Anda perlu memahami penggunaan bahasa baku dan harian sehingga kalimat yang diterjemahkan dapat mudah dimengerti dan sesuai peruntukannya.

Selain itu, Anda juga membutuhkan keterampilan menulis yang kuat, dalam hal ini tata bahasa yang memadai.

5. Mengajar secara online

Selain dapat dimanfaatkan sebagai penerjemah lepas, kemampuan berbahasa juga dapat digunakan untuk mengajar. Anda bisa mengajar bahasa asing yang dikuasai, utamanya Bahasa Inggris.

Selain bahasa, ada juga beberapa kemampuan lain yang bisa Anda bagikan kepada murid seperti musik, yoga, dan turut serta dalam seminar-seminar tertentu.

Dalam prakteknya, Anda bisa menawarkan jasa mengajar secara personal atau ikut dalam komunitas.

6. Software development

Perkembangan peranti lunak mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini menjadi kesempatan Anda yang menguasai bidang IT untuk mencari cuan tambahan dengan pekerjaan sampingan sebagai software development.

Software development saat ini banyak diminati, terlebih jika Anda berpengalaman serta menguasai desain UX, Java, PHP, C#, dan setingkatnya. Tidak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan bayaran yang cukup besar.

7. Digital marketing

Saat ini, jamak setiap usaha, baik besar maupun kecil, dipasarkan melalui internet. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran dinilai lebih murah, efektif, dan efisien, serta dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan pengetahuan dan keahlian dalam dunia digital marketing, Anda dapat mencari pekerjaan sampingan sebagai social media specialist.

Dalam pemasaran digital, Anda dapat fokus menangani media sosial dan iklan-iklan daring.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa menjadi konsultan pemasaran digital bagi usaha yang sedang berkembang.

Itu-lah jenis pekerjaan sampingan di rumah yang bisa jadi referensi. Yang jelas, apa pun pekerjaannya, kuncinya hanya kerja keras dan selalu ingin berkembang. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga