7 Provinsi dengan Populasi Motor Terbanyak di Indonesia, Cek Daerahmu

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Sabtu, 28 Januari 2023
0 dilihat
7 Provinsi dengan Populasi Motor Terbanyak di Indonesia, Cek Daerahmu
Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia, beberapa provinsi menyumbang padatnya populasi motor. Foto: Kompas.com

" Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, karena mobilitasnya yang cepat dan harganya yang murah di banding mobil "

KENDARI, TELISIK.ID - Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia, karena mobilitasnya yang cepat dan harganya yang murah di banding mobil.

Populasi sepeda motor di Indonesia menurut data terakhir tahun 2022 yang dirinci Korlantas Polri, mencapai 120.254.398 unit. Ratusan unit tersebut didominasi jumlahnya oleh beberapa provinsi.

Dilansir dari Bondowoso.jatimnetwork.com dan Detik.com, berikut beberapa provinsi dengan populasi sepeda motor terbanyak di Indonesia:

Baca Juga: Viral Bayi Diberi Minum Kopi Sachet Ibunya, Jokowi: Hati-hati

1. DKI Jakarta

Kota ini dikenal dengan kepadatan lalu lintas yang tinggi tak heran jika menyumbang jumlah sepeda motor terbanyak di Indonesia. Polda Metro Jaya sebagai kepolisian daerah DKI Jakarta mencatatkan jumlah sepeda motor kurang lebih 17,38 juta unit.

2. Jawa Barat

Provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia menempati urutan kedua pengguna sepeda motor terbanyak. Provinsi yang dikenal sebagai Tatar Sunda atau Pasundan ini menyumbang jumlah sepeda motor kurang lebih 17,05 juta unit.

3. Jawa Tengah

Provinsi yang beribukota di Semarang ini menyumbang jumlah sepeda motor 15,19 juta unit. Jawa Tengah juga menjadi provinsi dengan jumlah kendaraan bermotor terbanyak ketiga di Indonesia.

4. Jawa Timur

Tidak heran jika pulau jawa penduduknya sangat padat, tentu penggunakan kendaraan bermotornya juga tidak sedikit. Jawa Timur menyumbang jumlah sepeda motor 13,21 juta unit menjadikannya peringkat ke empat terbanyak se Indonesia

5. Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara merupakan provinsi terpadat di Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki plat nomor BB dan BK ini menyumbang jumlah sepeda motor kurang lebih 6,2 juta unit. Jumlah tersebut menjadikan terbanyak di Sumatera dan terbanyak 5 di Indonesia.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Gila Orang Kaya Arab Buang Uang, Ukir Nama Supaya Terlihat dari Bulan

6. Bali

Provinsi Bali terletak di antara pulau Jawa dan pulau Lombok ini memiliki plat nomor DK. Provinsi Bali menyumbang jumlah sepeda motor kurang lebih 3,9 juta unit. Terbanyak di Kepulauan Nusa Tenggara dan terbanyak keenam di Indonesia.

7. Sulawesi Selatan

Provinsi yang beribukota di Makassar itu memiliki plat nomor DD. Provinsi ini menyumbang jumlah sepeda motor kurang lebih 3,8 juta unit dan terbanyak ketujuh di Indonesia. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga