7 Soft Skill yang Perlu Bagi Para Pelajar

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 17 Januari 2023
0 dilihat
7 Soft Skill yang Perlu Bagi Para Pelajar
Sejumlah jenis soft skill yang perlu dipelajari para pelajar untuk meningkatkan kualitas diri. Foto: google.com

" Kemampuan soft skill menjadi hal yang perlu dimiliki setiap orang, termasuk para pelajar. Hal ini penting dipelajari agar bisa menjadi pribadi yang berkualitas "

KENDARI, TELISIK.ID - Kemampuan soft skill menjadi hal yang perlu dimiliki setiap orang, termasuk para pelajar. Hal ini penting dipelajari agar bisa menjadi pribadi yang berkualitas.

Pada umumnya, dikutip dari gramedia.com, soft skill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh individu secara alami yang mencakup kecerdasan, baik emosional maupun sosial, komunikasi atau berinteraksi dengan individu lain, dan semacamnya.

Dalam hal ini, soft skill adalah karakter bawaan individu. Namun bisa dipelajari dan terus diasah. Kemampuan ini setiap orang bisa kuasai, termasuk para pelajar.

Baca Juga: Viral: Momen Dikta Meringis Kesakitan saat Alat Vitalnya Diremas Fans Wanita

Melansir yoursay.id, berikut beberapa jenis soft skill yang perlu dipelajari para pelajar untuk meningkatkan kualitas diri:

1. Mengatur Keuangan Pribadi

Kita tentu tidak akan terus menerus menyerahkan semua perihal keuangan pada orang tua kita. Suatu saat kita akan hidup terpisah dengan mereka dan mengatur segalanya sendiri.

Belajarlah mengatur keuanganmu sendiri, pisahkan antara keinginan dan kebutuhan yang kamu perlukan.

2. Membaca Cepat

Sebagai seorang pelajar, kemampuan membaca cepat sangat diperlukan supaya kita tidak berlama-lama menghabiskan waktu berpaku pada suatu buku.

Kamu bisa mempelajari berbagai tips and trick yang tersebar di internet untuk bisa memiliki keahlian membaca cepat agar bisa mengambil suatu gagasan dari sebuah bacaan tanpa bertele-tele lagi.

3. Menulis Esai

Di masa depan ketika kamu sudah menginjak semester tua di dunia perkuliahan, kamu akan sering berhadapan dengan tugas esai. Pelajarilah cara menulis esai dari sekarang agar kamu tidak keteteran nantinya.

4. Deep Working

Deep working adalah suatu keahlian untuk mengerjakan sesuatu dengan sangat fokus tanpa bisa terganggu oleh distraksi macam apapun.

Sebagai pelajar yang sering dibebankan dengan berbagai macam tugas di waktu bersamaan, kita perlu melatih kemampuan yang satu ini agar terhindar dari prokrastinasi.

5. Sosialisasi

Kamu mungkin tidak suka dan selalu merasa gugup kalau harus berhadapan dengan orang lain. Tapi kemampuan bersosialisasi ini, tak bisa dipungkiri sangat diperlukan.

Ketika kamu bertambah dewasa nanti, kamu tidak bisa terus bergantung pada sahabat dekatmu saja, kamu harus membangun relasi agar semua urusanmu yang kian rumit bisa terbantu selesai lebih cepat.

6. Dasar Microsoft Office

Entah kamu seorang pelajar SMA ataupun seorang mahasiswa, mengoperasikan microsoft office merupakan satu keahlian yang cukup diperlukan. Gurumu pasti pernah, setidaknya satu kali, memberikan tugas membuat makalah atau apapun yang perlu microsoft office untuk menyelesaikannya.

Baca Juga: Kendari Undercover: Cerita PSK Cantik Bercinta Tiap Malam Demi Biayai Pacar

Selain itu, kalau kamu bisa memahami dasar pengoperasian microsoft office, kesempatan kamu untuk memiliki pekerjaan paruh waktu juga akan lebih terbuka.

7. Disiplin Diri

Kedengaran sederhana, tapi tidak semua orang bisa menjadi disiplin. Bagusnya kebiasaan disiplin diri ini diterapkan sejak usia dini. Mumpung statusmu masih seorang pelajar, kamu bisa melatih kemampuan disiplin dirimu agar tidak kesulitan ketika sudah terjun ke 'dunia' yang sebenarnya.

Nah, itulah beberapa skill penting untuk perlu dikuasai oleh para pelajar. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga