adplus-dvertising

8 Cara Alami Cegah Rambut Beruban

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Jumat, 07 Oktober 2022
361 dilihat
8 Cara Alami Cegah Rambut Beruban
Menggunakan bahan alami menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi rambut beruban. Foto: Repro nakita.grid.id

" Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Kendati menjadi hal yang wajar, tapi uban cukup mengganggu penampilan seseorang "

KENDARI, TELISIK.ID - Uban meski adalah hal yang wajar terjadi, namun cukup mengganggu penampilan seseorang. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan cara alami.

Dikutip dari wikipedia, uban merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih. Rambut asli orang Indonesia pada umumnya memiliki warna hitam atau gelap karena memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi.

Saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, terjadi proses perubahan kadar melanin. Kendati menjadi hal yang wajar, tapi uban cukup mengganggu penampilan seseorang.


Olehnya itu, penting untuk mengetahui apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya uban, khususnya secara alami.

Melansir merdeka.com dari Liputan6 dan SehatQ, berikut beberapa cara mencegah rambut beruban secara alami:

1. Menjaga Pola Makan

Cara mencegah rambut beruban yang pertama adalah dengan menjaga pola makan. Nutrisi lengkap yang diterima oleh tubuh dapat membantu mencegah timbulnya uban, terutama jika Anda banyak mengonsumsi mineral dan vitamin disertai dengan zat besi.

Kamu dapat memilih yogurt dan sereal yang kaya akan nutrisi. Kemudian imbangi juga dengan mengonsumsi buah dan sayuran.

2. Berhenti Merokok

Cara mencegah rambut beruban yang kedua yaitu dengan berhenti merokok. Rokok sudah lama dikenal sebagai sumber bagi sebagian penyakit.

Rokok juga dapat mempercepat penuaan tubuh. Penuaan yang dipercepat ini kemudian dapat menghasilkan uban yang muncul lebih dini.

Baca Juga: Miliki Berbagai Bentuk, Inilah Negara Produsen Sex Toys Terbesar di Dunia

Dengan berhenti merokok, Anda akan mencegah munculnya uban dan juga mencegah timbulnya komplikasi kesehatan lainnya.

3. Kurangi Stres

Cara mencegah rambut beruban yang ketiga adalah dengan mengurangi stres. Stres dalam hidup adalah hal yang sering ditemui. Kondisi ini tidak akan bisa dihindari. Namun, Anda dapat mengelolanya agar tidak menyebar menjadi masalah kesehatan lainnya.

Ketika Anda berada di bawah tekanan, coba cari atau cari sesuatu yang bisa mengurangi tingkat stres Anda. Anda bisa memperbanyak kegiatan di luar pekerjaan yang membuat Anda rileks, seperti yoga dan teknik relaksasi lainnya.

4. Olahraga

Cara mencegah rambut beruban yang keempat adalah dengan berolahraga. Memiliki tubuh yang sehat dan fit merupakan syarat agar aliran darah menjadi lebih lancar, termasuk aliran darah ke kepala.

Jika aliran darah yang menuju kepala menjadi lancar, dapat mencegah timbulnya uban serta memperbaiki pertumbuhan rambut.

5. Daun Kari

Cara mencegah rambut beruban yang kelima adalah dengan menggunakan daun kari. Ketika dikombinasikan dengan minyak rambut dan dioleskan ke kulit kepala, daun kari dapat memperlambat uban prematur.

Satu laporan dalam International Journal of PharmTech Research yang menggunakan penggunaan tradisional daun kari untuk mempertahankan warna rambut hitam dan bahkan mencegah uban prematur.

6. Bhringaraj

Cara mencegah rambut beruban yang keenam yaitu dengan menggunakan bhringaraj. Dalam sebuah penelitian, bhringaraj atau urang-aring, akan memberikan efek untuk menggelapkan rambut dan mencegahnya menjadi putih lebih awal.

Anda bisa menggunakannya dengan cara merebus jus daun ini dalam minyak kelapa atau minyak wijen, kemudian dipijat ke rambut.

7. Teh Hitam

Cara mencegah rambut beruban yang ketujuh yaitu dengan teh hitam. Teh hitam akan memberikan antioksidan pada rambut, dan membantu menghambat pertumbuhan uban. Bukan hanya itu, teh hitam juga bisa membantu menggelapkan warna rambut dan membuatnya berkilau.

Baca Juga: 5 Fakta Unik di Dunia, Nomor 2 Ada Indonesia

Untuk mendapatkan manfaat teh hitam ini, seduhlah 2 sdt teh hitam dalam cangkir air dan dinginkan. Lalu, saring seduhan tersebut dan oleskan pada rambut serta kulit kepala.

Pijat kepala selama beberapa menit, dan biarkan teh hitam di rambut Anda selama 1 jam. Selanjutnya, bilas rambut dengan sampo dan kondisioner hingga bersih. lakukanlah 2-3 kali dalam seminggu untuk mengatasi rambut beruban.

8. Rosemary

Cara mencegah rambut beruban yang terakhir adalah dengan menggunakan rosemary. Caranya dengan mengisi sepertiga toples dengan rosemary kering, dan kemudian isi bagian atasnya dengan minyak zaitun ekstra virgin. pilihan toples di tempat yang cerah selama 4 sampai 6 minggu.

Pastikan untuk mengocoknya setiap beberapa hari sekali. Setelah enam minggu, ramuan tersebut sebagai minyak rambut dan usapkan secara menyeluruh untuk membantu mengembalikan pigmen rambut.

Nah, itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah agar rambut tidak cepat beruban. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga