8 Hidangan Ramadan Favorit Masyarakat Indonesia

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Jumat, 24 Maret 2023
0 dilihat
8 Hidangan Ramadan Favorit Masyarakat Indonesia
Masyarakat Indonesia punya hidangan favoritnya sendiri yang hanya muncul saat ramadan. Foto: Repro Cnbcindonesia.com

" Kolak menempati posisi pertama makanan yang paling disukai masyarakat Indonesia saat berbuka puasa Ramadan "

KENDARI, TELISIK.ID - Ramadan menjadi momen spesial bagi seluruh umat muslim. Di Indonesia, ada berbagai hidangan khusus yang hanya muncul saat Ramadan.

Dilansir Cnnindonesia.com dan Kabarpriangan.pikiran-rakyat.com, berikut beberapa hidangan favorit masyarakat Indonesia berdasarkan hasil survey TGM Research.

1. Kolak

Menempati posisi pertama, kolak disukai sebanyak 17,2 persen dari total 818 responden. Kolak biasanya disantap di waktu berbuka sebelum makan makanan berat lainnya. Isian kolak pada umumnya adalah kolang-kaling, potongan singkong, potongan ubi, potongan pisang dll dengan ditambahkan kuah manis dan gurih yang berasal dari santan dan gula pasir atau gula merah.

2. Rendang

Pada saat munggahan atau sehari sebelum memasuki bulan puasa, masyarakat Indonesia biasanya memasak rendang sebagai hidangan menu sahur pertama. Rendang yang juga menjadi salah satu masakan terenak di dunia menempati posisi kedua dalam survei ini dengan nilai 11,2 persen dari total responden.

Baca Juga: 6 Tips Mudah Bangunkan Anak Ikut Sahur

3. Opor ayam

Menu hidangan selanjutnya adalah opor ayam yang menempati urutan ketiga sebagai hasil survei hidangan Ramadan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Nilai hasil survei sebanyak 8 persen untuk masakan berbahan dasar daging ayam yang dimasak dengan santan yang menghasilkan cita rasa yang gurih dan sedap.

4. Kolak pisang

Berbeda dengan kolak biasa, kolak pisang ini isiannya hanya potongan pisang saja. Pisang yang digunakan untuk kolak pisang ini biasanya adalah pisang tanduk, pisang raja, pisang kepok dan pisang uli.

Kolak pisang menduduki posisi keempat dengan nilai 5,3 persen dari total jumlah responden.

5. Kurma

Jika menjelang Ramadan, mendadak banyak toko-toko dan supermarket yang menjual aneka jenis kurma. Alasan banyak dicari saat bulan Ramadan, mengkonsumsi kurma merupakan salah satu sunah Rasul saat berbuka puasa.

Kurma merupakan salah satu hidangan Ramadan yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia menempati posisi kelima dengan nilai 4,9 persen menurut hasil survei TGM research.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Atasi Kurang Tidur Saat Puasa Ramadan

6. Ketupat

Hidangan ketupat biasanya disajikan saat hari raya Idhul Fitri atau Idul Adha, namun ternyata hidangan tersebut masih masuk ke dalam kategori hidangan Ramadan yang paling disukai masyarakat Indonesia dengan menempati posisi keenam.

7. Opor

Sayur opor biasanya dihidangkan bersama ketupat sebagai pasangan yang paling sempurna saat hari raya. Opor sayur biasanya dibuat dari pepaya atau gambas / labu siam yang diparut memanjang dan dimasak bersama santan kelapa.

Rasanya yang gurih dan agak manis membuat opor menempati posisi ketujuh sebagai hidangan ramadhan yang paling disukai masyarakat Indonesia dengan nilai 3,9 persen.

8. Es buah

Menempati posisi kedelapan, es buah merupakan menu makanan yang paling banyak dijumpai saat acara buka bersama dengan teman atau keluarga. Es buah biasanya disantap sesaat sebelum makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk lainnya. 2,4 persen dari responden memilih es buah sebagai hidangan menu yang paling disukai saat bulan Ramadan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga