adplus-dvertising

8 Pria dengan Istri Paling Banyak Sepanjang Masa, Ada yang Sampai 700 Istri

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Sabtu, 11 Desember 2021
1801 dilihat
8 Pria dengan Istri Paling Banyak Sepanjang Masa, Ada yang Sampai 700 Istri
Zhiona Chana jadi salah satu pria yg punya istri paling banyak. Foto: Repro Okezone.com

" Dalam beberapa kasus, pria dengan sengaja menikahi lebih dari satu wanita "

KENDARI, TELISIK.ID - Siapakah pria yang memiliki istri terbanyak sepanjang masa? Biasanya di seluruh dunia, pernikahan adalah antara dua orang.

Namun, dalam beberapa kasus, pria dengan sengaja menikahi lebih dari satu wanita. Dikutip dari thevintagenews.com, bahkan ada juga pria yang menikahi lebih dari dua wanita.

Berikut adalah beberapa pria dalam sejarah yang memiliki istri paling banyak sepanjang masa:


1. Joseph Smith

Pendiri gerakan Mormonisme, Joseph Smith menerbitkan Kitab Mormon pada usia 24 tahun. Selama hidupnya dia menikahi lebih dari 30 wanita.

Beberapa di antaranya sudah menikah dengan pria lain. Banyak juga diantaranya yang jauh lebih muda dari Smith.

2. Brigham Young

Brigham Young adalah Presiden gereja Mormon, dalam kasusnya OSZA, atau Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir.

Dia mendirikan Salt Lake City di Utah dan bekerja sebagai gubernur wilayah pertama Utah. Dia menikahi total 55 wanita dan menjadi ayah dari 56 anak, 46 di antaranya mencapai usia dewasa.

23 istrinya kabur darinya dan 10 telah menceraikannya dan 19 telah meninggal sedangkan status 4 sisanya tidak diketahui.

3. Fatih Ali Shah Qajar

Dilansir Jurnalsoreang, Shah kedua Iran, Fat?h Ali Shah Qajar, memerintah dari tahun 1797 sampai 1834. Selama hidupnya, ia menikahi sekitar 158 wanita, meskipun dilaporkan juga bahwa ia memiliki lebih dari 1.000 pasangan.

Sebuah buku yang diterbitkan pada tahun 1874, bagaimanapun, membantah ini menyatakan bahwa ia hanya memiliki 4 istri dan 800-1000 selir.

Rincian spesifik tentang keturunannya juga tidak tepat. Bergantung pada catatan, ia mungkin memiliki antara 56 dan 130 putra, dan 46 hingga 150 putri. Alasan perbedaan ini kemungkinan besar karena tidak semua anak-anak ini bertahan hidup.

Baca Juga: Ini Deretan Negara Warganya Paling Kuat Selingkuh, Ada Indonesia?

4. Nabi Sulaiman AS

Mungkin poligami yang paling terkenal dari semuanya adalah sosok Nabi Sulaiman AS yang bijaksana.

Dia diyakini memiliki sekitar 700 istri, dan 300 selir.

Menurut Alkitab (1 Raja-raja 11:13), istrinya termasuk putri Firaun Mesir dan putri lainnya, serta wanita yang berasal dari Amon, Edom, Sidon, Moab dan orang Het. Satu-satunya pasangan yang disebutkan namanya dalam Alkitab adalah Naamah orang Amon (2 Tawarikh 12:13) yang merupakan ibu dari pewaris Salomo, Rehoboam.

5. Pengusaha Saudi Saleh al-Sayeri

Saleh al-Sayeri konon menikahi 58 wanita dan telah menghabiskan lebih dari $1,6 juta atau setara Rp22 miliar untuk pernikahan dan perceraian berikutnya.

6. Asentus Akuku dari Kenya

Asentus Akuku dilaporkan memiliki lebih dari 100 istri

7. Mohammed Bello Abubakar dari Nigeria

Mohammed Bello menikahi total 120 wanita dan menjadi ayah lebih dari 200 anak. Butuh seluruh gedung apartemen untuk menampung keluarganya. Dia meninggal pada 2017 pada usia 93 tahun.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Pemenang AAA, BTS, Blackpink hingga Pemeran di Squid Game

8. Ziona Chana

Pria asal India ini merupakan satu pria yang memiliki pasangan istri dengan jumlah terbanyak di dunia. Ziona memiliki 39 istri dan dikaruniai 94 anak, 14 menantu dan 33 cucu. Ziona dan keluarganya tinggal di rumah berlantai 4 di tengah perbukitan Desa Baktwang, negara bagian Mizoram, India. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Fitrah Nugraha

Artikel Terkait
Baca Juga