85 Juta Pekerjaan di Masa Depan Bakal Hilang

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Jumat, 13 Oktober 2023
0 dilihat
85 Juta Pekerjaan di Masa Depan Bakal Hilang
Indonesia ke depan bakal kehilangan 85 juta pekerjaan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Foto: Goal.com

" Indonesia ke depan bakal kehilangan 85 juta pekerjaan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia menyebut tantangan Indonesia ke depannya kehilangan pekerjaan mulai dari sektor pangan hingga bauran penggunaan teknologi seperti Artificial Intelligent (AI) "

KENDARI, TELISIK.ID - Indonesia ke depan bakal kehilangan 85 juta pekerjaan. Hal ini diungkapkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Ia menyebut tantangan Indonesia ke depannya kehilangan pekerjaan mulai dari sektor pangan hingga bauran penggunaan teknologi seperti Artificial Intelligent (AI).

Menurutnya, hal itu perlu dilalui dengan beragam strategi yang tepat. Ditambah lagi, waktu yang dimiliki tidak banyak untuk bisa menjalankan solusinya.

"Tantangan di depan sangat berat. Mulai dari tekanan terhadap pangan hingga digitalisasi AI. Kita tidak punya waktu banyak," bebernya dikutip dari Liputan6.com.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 62 Dibuka, Begini Cara Daftar untuk Dapat Insentif Rp 4,2 Juta

Erick yang baru saja dilantik menjadi Koordinator Dewan Presidium Ikatan Alumni Perhimpunan Pelajar Indonesia (IAPPI) ini berharap, kelompok pelajar luar negeri dapat menjadi penggerak masa depan bangsa.

"Kita hanya punya satu momentum, ketika piramida kita saat ini sedang sangat baik. Kita sebagai bangsa harus punya visi masa depan kita. Baik di bidang ekonomi, baik di bidang politik. Pertanyaannya siapa penggeraknya? tentu tokoh-tokoh muda," tegas Erick.

Generasi muda perlu memiliki perencanaan masa depan yang matang untuk membantu mendorong perekonomian Indonesia seiring dengan perkembangan zaman. Ia pun meminta kepada para pelajar lulusan luar negeri untuk pulang ke Indonesia membantu mewujudkan Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045.

Baca Juga: Pemerintah Target Income Warga Indonesia Rp 10 Juta Per Bulan pada 2030 Agar jadi Negara Maju

"Saya menantang mana cetak biru Indonesia 2045 dari perspektif kalian (anak muda), bukan dari perspektif pemerintah, tapi perspektif kalian sebagai tokoh masa depan Indonesia," kata Erick dilansir dari Kompas.com

Sebelumnya, Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengatakan, saat ini Indonesia dihadapkan pada masalah lapangan pekerjaan, di mana tiap tahun terdapat 2,6 juta angkatan kerja baru. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga