9 Tips Melentikkan Bulu Mata Tanpa Harus Extension

Sasmiraza, telisik indonesia
Rabu, 29 Juni 2022
0 dilihat
9 Tips Melentikkan Bulu Mata Tanpa Harus Extension
Bulu mata yang lentik dan tebal dapat membuat penampilan terlihat semakin mempesona. Foto: Repro Hipwee.com

" Perempuan ingin selalu terlihat cantik, olehnya itu ia akan mencari cara untuk membuat dirinya tampil menarik "

KENDARI, TELISIK ID - Memiliki bulu mata yang panjang dan lentik merupakan idaman semua perempuan, banyak cara yang dilakukan perempuan untuk melentikkan bulu matanya. Mulai dari memakai maskara hingga pasang bulu mata palsu dilakukan guna menyempurnakan penampilannya.

Perempuan ingin selalu terlihat cantik, olehnya itu ia akan mencari cara untuk membuat dirinya tampil menarik. Namun ada juga lho cara-cara alami yang bisa membantu kamu untuk melentikkan bulu mata.

Bahan yang alami tentunya tidak berbahaya dan aman untuk kamu gunakan sebagai perawatan kecantikan.

Berikut rangkuman tips dilansir dari berbagai sumber mengenai cara alami yang bisa kamu lakukan guna membuat bulu mata menjadi lentik dan tebal:

1. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A dan E yang bermanfaat bagi kesehatan rambut, termasuk memanjangkan bulu mata. Minyak zaitun menyerap jauh ke dalam akar rambut dan pori-pori kulit kelopak untuk merangsang pertumbuhan bulu mata serta menjadi perisai untuk melindungi kekuatan batang rambut bulu mata.

Caranya, oleskan beberapa tetes minyak zaitun langsung di pangkal bulu mata setiap malam untuk mendorong pertumbuhan bulu mata yang lebih lentik dan tebal, atau teteskan minyak zaitun ke kapas atau cotton bud dan tepuk-tepuk lembut pada bulu mata Anda. Biarkan selama lima menit (atau bisa semalaman) dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini setiap malam selama empat minggu atau sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan. Biasanya, hasilnya akan mulai terlihat jelas setelah 1-2 bulan penggunaan rutin.

Baca Juga: Deretan Artis Indonesia dengan Tagihan Listrik Paling Mahal 2022, Ada yang Rp 90 Juta

2. Gunakan Teh Hijau

Seduh teh hijau dan biarkan mendingin. Kemudian Anda bisa mengusapkan teh hijau langsung pada bulu mata Anda dengan kapas atau cotton bud. Kandungan kafein dan flavonoid yang ditemukan dalam teh hijau dapat mempercepat laju pertumbuhan bulu mata yang sudah ada sambil mendorong pertumbuhan bulu mata baru.

3. Gunakan Gel Lidah Buaya

Jika Anda ingin memelihara kesehatan sekaligus memanjangkan bulu mata Anda, cukup oleskan sedikit gel lidah buaya langsung ke pangkal bulu mata Anda sebelum tidur dengan bantuan sikat maskara. Berkat kandungan vitamin dan nutrisinya yang kuat, lidah buaya dapat meningkatkan laju pertumbuhan bulu mata dan juga memperkuatnya.

4. Gunakan Kemiri

Sejak dahulu kemiri telah dimanfaatkan untuk melebatkan rambut. Karena itu, penggunaan rempah dapur ini bisa menjadi cara mudah membuat bulu mata tampak tebal dan panjang.

Kemiri dapat digerus, kemudian dioleskan pada akar hingga batang bulu mata. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih setelahnya.

5. Gunakan Minyak Almond

Almond kaya akan magnesium. Kandungan magnesium pada almond sangat baik untuk kesuburan rambut dan bulu mata.

Caranya, oleskan minyak almond pada bulu mata sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, jangan lupa bersihkan sembari mencuci muka. Gunakan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Rutin Menyisir Bulu Mata

Tahukah Anda, nutrisit dan minyak untuk menunjang pertumbuhan bulu mata terletak di akarnya? Karena itu, menyisir bulu mata akan mempercepat penyebaran berbagai nutrisi tersebut ke batang hingga ujung bulu mata.

Untuk menyisir bulu mata, Anda dapat menggunakan sisir maskara yang sudah dibersihkan. Sisirlah bulu mata secara rutin, setidaknya dua kali sehari.

7. Menggunakan Serum Bulu Mata

Untuk menebalkan bulu mata secara alami, caranya juga bisa dengan penggunaan serum.

Anda dapat menggunakan serum bulu mata yang dijual di pasaran. Carilah yang memiliki label BPOM agar lebih aman.

Serum dapat digunakan langsung pada akar bulu mata, lalu disapu hingga ujung-ujungnya. Hati-hati, jangan sampai masuk mata karena akan terasa perih.

8. Hindari Penjepit Bulu Mata dan Bulu Mata Palsu

Penggunaan penjepit dan bulu mata palsu memang bisa menjadi cara melentikkan dan menebalkan bulu mata, tetapi ini hanya sesaat. Apalagi, keduanya dapat menimbulkan efek samping bila terlalu sering digunakan.

Baca Juga: Kenali 14 Pemicu Rambut Rontok pada Wanita, Jangan Sepelekan

Penjepit bulu mata dapat merusak struktur bulu mata, membuatnya rapuh, dan mudah patah. Sementara itu, lem bulu mata bisa memengaruhi akar rambut dan mengganggu pertumbuhannya.

9. Hindari Keriting Bulu Mata atau Extension di Salon

Cara yang sering dilakukan wanita untuk melebatkan bulu mata dan membuatnya lentik instan, yaitu dengan mengeriting atau extension di salon. Namun, ini sebenarnya tidak disarankan. Mengapa demikian?

Ketika mengeriting bulu mata, ada zat kimia yang sifatnya iritan. Zat ini bisa merusak akar dan batang bulu mata Anda.

Sedangkan, extension akan menempelkan helaian bulu mata sintetis pada bulu mata asli Anda. Alih-alih membuatnya lebat, bulu mata asli malah bisa rontok dan botak.

So, itu dia 9 tips bulu mata agar lentik dan tebal secara alami. Semoga membantu dan selamat mencoba ya, Girls! (C)

Penulis: Sasmiraza

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga