Aktivitas Seksual Saat Wanita Menginjak Menopause

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 14 Maret 2023
0 dilihat
Aktivitas Seksual Saat Wanita Menginjak Menopause
Menopause adalah fase ketika wanita sudah berhenti menstruasi yang biasanya dialami oleh wanita yangs udah menginjak 40-50 tahun. Foto: Repro Herstory.co.id

" Saat wanita memasuki masa menopause, mungkin beberapa di antaranya mengalami perubahan pada libido atau dorongan seksnya "

KENDARI, TELISIK.ID – Fase menopause adalah masa dimana perempuan berhenti menstruasi atau tidak menstruasi lagi. Masa ini biasanya datang di usia 40-50 tahun. Banyak dari perempuan yang khawatir terhadap aktivitas seksnya ketika sudah menginjak menopause.

Dilansir dari Health.detik.com, saat wanita memasuki masa menopause, mungkin beberapa di antaranya mengalami perubahan pada libido atau dorongan seksnya. Namun, kondisi ini sangat umum terjadi.

Menurut dr Ferry, jika suami atau istri merasakan adanya keluhan seperti sulit berhubungan seks saat masuk masa menopause, disarankan untuk segera berkonsultasi ke pakarnya.

"Jika ada keluhan menopause seperti mudah lelah ataupun kesulitan dalam hubungan suami istri, sebaiknya segera melakukan konsultasi ke dokter kandungan," pungkasnya.

Sementara dilansir dari Magdalena.co, memang, banyak awam dan pakar yang percaya, penurunan hormon pada perempuan berefek pada rendahnya libido atau dorongan seks pada perempuan. Akan tetapi kenyataannya, tidak semua perempuan merasakan hal seperti ini.

Baca Juga: 5 Fakta Sexless Marriage, Pernikahan Tanpa Seks

Dalam situs AARP (American Association of Retired Persons) disebutkan bahwa menopause yang dianggap pembunuh gairah seks adalah suatu mitos.

Di sana disebutkan salah satu hasil studi dari King’s College London yang menyatakan menopause tidak berperan sebesar yang orang bayangkan terhadap masalah seksual seseorang.

Bermacam faktor di luar menopause lah yang justru berpotensi jadi akar penurunan dorongan seks pada perempuan, misalnya masalah intimasi dengan pasangan, atau masalah gairah dan orgasme yang sudah ada sebelum menopause terjadi.

Baca Juga: 7 Hal yang Tak Disukai Perempuan Saat Bercinta

Menguatkan pernyataan di AARP, National Women’s Health Network dalam situsnya mengatakan bahwa perempuan bisa mengalami perubahan fungsi seksual yang bervariasi selama menopause, tetapi hal itu tidak absolut atau konstan.

Masih ada upaya yang dapat dilakukan untuk menyikapi itu. Mereka mengutip The Study of Women’s Health Across the Nation yang mengikuti perkembangan perempuan usia antara 42 sampai 52 dan meneliti sejauh mana kontribusi menopause terhadap perubahan dalam seksualitas respondennya.

Setelah enam tahun meneliti, mereka menemukan bahwa perempuan menopause bisa tetap menjalani aktivitas seksual menyenangkan. Ada pun perubahan hormonal yang mengakibatkan keringnya vagina, sebuah gejala umum pada perempuan menopause yang menciptakan rasa sakit saat bersanggama masih bisa diakali dengan berbagai produk kesehatan. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga