Alasan Ilmiah Seks Setelah Menikah Lebih Baik

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Selasa, 21 Maret 2023
0 dilihat
Alasan Ilmiah Seks Setelah Menikah Lebih Baik
Seks sebelum menikah ternyata tidak hanya buruk di mata norma agama, tapi juga dalam kacamata ilmiah. Foto: Liputan6.com

" Seks sebelum menikah sejatinya dilarang dalam norma agama dan budaya. Pelarangan itu ternyata punya hikmah yang dapat dilihat dari "

KENDARI, TELISIK.ID - Seks sebelum menikah sejatinya dilarang dalam norma agama dan budaya. Pelarangan itu ternyata punya hikmah yang dapat dilihat dari kacamata ilmiah.  

1. Lebih Bahagia

Dilansir dari Health.detik.com, sebuah studi menunjukkan bahwa pasangan yang menunggu hingga menikah lebih bahagia terkait kualitas seks dibandingkan pasangan yang berhubungan badan sebelum menikah.

Baca Juga: Alshad Ahmad Dituding Hamili Mantan Pacar, Pandangannya Tentang Seks Bebas jadi Sorotan

Dikutip dari Web MD, sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Family Psychology mengungkapkan bahwa pasangan yang menunda hubungan seks hingga malam pernikahan mereka memiliki pernikahan yang lebih stabil dan bahagia dibandingkan pasangan yang melakukan hubungan seks pranikah.

2. Kualitas Seksual Lebih Tinggi

Studi ini melibatkan 2.035 peserta yang sudah menikah dalam penilaian pernikahan yang disebut "Relate". Menurut penelitian, mereka yang menunggu sampai menikah memiliki kualitas seksual 15 persen lebih tinggi daripada pasangan yang melakukan hubungan seks pranikah.

3. Kepuasan Hubungan

Selain itu, mereka juga memiliki stabilitas hubungan 22 persen lebih tinggi dan memiliki kepuasan hubungan mereka 20 persen lebih tinggi daripada yang aktif melakukan hubungan seksual pranikah.

"Sebagian besar penelitian tentang topik ini difokuskan pada pengalaman individu dan bukan waktu dalam suatu hubungan," sebut penulis studi, Dean Busby, PhD, seorang profesor di Sekolah Kehidupan Keluarga Universitas Brigham Young, dikutip dari Web MD.

Ada lebih banyak hubungan daripada seks, tetapi mereka menemukan bahwa pasangan yang menunggu lebih lama lebih bahagia dengan aspek seksual dari hubungan.

Baca Juga: Benarkah Hobi Nonton Film Porno Buat Aura Gelap?

Busby juga menyebutkan bahwa pasangan kemungkinan melaporkan kepuasan dan kualitas seksual yang besar jika mereka menunggu karena waktu tambahan memberi mereka waktu lebih lama untuk mengenal satu sama lain dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk hubungan yang baik.

Terlebih, dikutip dari Insertlive.com, ada beberapa dampak dialami jika melakukan hubungan seks di luar nikah, seperti berikut:

1. Hilangnya nafsu.

2. Hamil di luar nikah.

3. Kecanduan.

4. Perasaan bersalah.

5. Penyakit menular seksual. (C)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga