APBD 2023 Fokus Biayai Infrastruktur dan TPP ASN

Sunaryo, telisik indonesia
Rabu, 30 November 2022
0 dilihat
APBD 2023 Fokus Biayai Infrastruktur dan TPP ASN
Ketua DPRD Muna, Irwan menyerahkan dokumen APBD 2023 ke Bupati, LM Rusman Emba. Foto: Sunaryo/Telisik

" APBD Muna tahun 2023 telah ditetapkan DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Secara keseluruhan postur APBD sebesar Rp 1,2 triliun "

MUNA, TELISIK.ID - APBD Muna tahun 2023 telah ditetapkan DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Secara keseluruhan postur APBD sebesar Rp 1,2 triliun.

Anggaran tersebut terdiri dari pendapatan sebesar Rp 1,2 triliun, belanja Rp 1,2 triliun, surplus 26,2 miliar, penerimaan/pembiayaan sebesar Rp 4,5 miliar, pengeluaran Rp 31,3 miliar dan pembiayaan netto Rp 26,2 miliar.

Sekretaris Rapat Gabungan Komisi DPRD Muna, Tarimi menerangkan, apa yang menjadi konsep RAPBD yang diajukan Pemkab secara keseluruhan disetujui menjadi Perda APBD.

Baca Juga: Tahun 2023 Pemkab Konawe Berlakukan Pajak TKA

Hal tersebut dikarenakan, anggaran yang diporsikan berdasarkan skala prioritas. Di mana, anggaran difokuskan untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur dan tambahan penghasilan pegawai (TPP).

"Konsep RAPBD kita setujui, karena berdasarkan skala prioritas," kata Tarimi, Rabu (30/11/2022).

Bupati Muna, LM Rusman Emba menerangkan, pengalokasian anggaran dilakukan secara profesional dan proporsional demi menjawab apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.

Baca Juga: BKO Polda Sulawesi Tenggara Pengamanan Pilkades Ditarik

Terkait TPP, merupakan kebutuhan mendesak. Karena, selama ini, hanya Pemkab Muna yang belum memberikan tambahan penghasilan bagi para pegawai. Nah, dengan adanya TPP itu, ia menekankan pada seluruh ASN agar lebih meningkatkan kedisiplinan dan kinerja.

"Tidak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan. Pemberian TPP berdasarkan kedisiplinan dan kinerja," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD, Irwan mengungkapan, APBD yang telah disetujui akan diserahkan ke Pemprov Sulawesi Tenggara untuk dievaluasi. Selanjutnya, bila dari hasil evaluasi ada yang dilakukan penyesuaian, Ketua DPC Hanura itu berharap bisa didudukan secara bersama-sama. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: KardinĀ 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga