APBD 2024 Muna Disahkan Injury Time

Sunaryo, telisik indonesia
Kamis, 30 November 2023
0 dilihat
APBD 2024 Muna Disahkan Injury Time
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta bersama Ketua DPRD, Irwan menandatangani persetujuan APBD 2024. Foto: Sunaryo/Telisik

" APBD 2024 Kabupaten Muna akhirnya disahkan. Penetapan itu mendekati injury time yang telah ditetapkan pada 30 November. Karena, lewat pemda akan dikena penalti berupa pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) "

MUNA, TELISIK.ID - APBD 2024 Kabupaten Muna akhirnya disahkan. Penetapan itu mendekati injury time yang telah ditetapkan pada 30 November. Karena, lewat pemda akan dikena penalti berupa pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU).

Jalannya pembahasan KUA PPAS dan RAPB juga cukup singkat. Hanya memakan waktu dua hari. Kendati demikian, 30 anggota DPRD Muna menerima seluruh seluruh konsep RAPBD ditetapkan menjadi Perda APBD.

Sekretaris Gabungan Komisi DPRD Muna, Mohamad Ikhsanuddin menerangkan, RAPBD disetujui dengan beberapa catatan. Adalah meminta Pemda melakukan inventarisasi dan mensertifikatkan seluruh aset dalam menghidari penyerobotan.

Baca Juga: Di Luar Acara Resmi, Bachrun Labuta Ogah Disebut Plt Bupati Muna

Kemudian, melakukan rekonsolidasi data penerimaa BPJS, mengalokasikan anggaran untuk pembangunan yang berkelanjutan, meningkatka kualitas pemungutan pajak dan retrubusi dalam upaya peningkatan PAD, menganggarkan di APBD untuk membantu panitia pemekaran Kota Raha dan Muna Timur dan melakukan marger OPD sebagai upaya efisiensi anggaran.

"Sesuai kesimpulan rapat gabungan komisi, kami menerima dan menyetujui konsep RAPBD menjadi APBD," kata Ikhsanuddin, Kamis (30/11/2023).

Baca Juga: Komitmen Jaga Netralitas dan Ciptakan Pemilu Damai

Adapun postur APBD 2024 meliputi, pendapatan sebesar Rp 1,3 triliun, belanja Rp 1,3 triliun dan surplus Rp 27,2 miliar. Lalu pembiayaan yang meliputi, penerimaan Rp 4,7 miliar, pengeluaran Rp 31,9 miliar, pembiayaan netto Rp 27,2 miliar dan SiLPA 0.

Sementara itu, Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta menerangkan, APBD 2024 difokuskan pada peningkatan perekonomian masyarakat dan infrastruktur. Ia menyampaikan terima kasih pada DPRD yang mengesahkan APBD itu.

"Kita berharap kerja sama antara eksekutif dan legislatif dapat terus terjalin dengan baik," pintanya. (B)

Penulis: Sunaryo

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga