adplus-dvertising

Awas, 3 Kebiasaan Ini Ternyata Buat Gigi Menguning

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 05 Juli 2022
304 dilihat
Awas, 3 Kebiasaan Ini Ternyata Buat Gigi Menguning
Gigi yang menguning akan membuat penampilan kurang maksimal dan menarik. Foto: Repro doktersehat.com

" Salah satu organ yang mempengaruhi penampilan untuk terlihat menarik adalah gigi "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu organ yang mempengaruhi penampilan untuk terlihat menarik adalah gigi.

Dikutip dari alodokter.com, kandungan kromogen atau zat warna dalam makanan dan minuman adalah salah satu penyebab utama gigi kuning.

Zat warna ini dapat menyebabkan noda pada lapisan enamel gigi. Begitu pula dengan tingkat keasaman makanan dan minuman, karena kadar asam yang tinggi dapat mengikis lapisan tersebut.


Padahal gigi harus dijaga sehingga penampilan bisa maksimal saat hadir di tengah masyarakat.

Lalu, apa saja kebiasaan kita yang dapat membuat gigi tampak kuning?

Mengutip yoursay.id yang merangkum dari hellosehat.com, berikut kebiasaan-kebiasaan yang membuat gigi menguning:

1. Sering merokok

Salah satu penyebab gigi menguning yang paling umum ialah kebiasaan merokok. Kandungan nikotin dan tar pada tembakau di dalam rokok yang menempel pada lapisan email gigi membuat warna gigi menjadi kuning.

Bahkan, pada perokok berat, warna gigi dapat menjadi kecoklatan, dan bisa saja menghitam. Oleh karena itu, ada baiknya kita berhenti merokok demi menjaga lapisan gigi kita.

2. Sering mengonsumsi minuman seperti teh, kopi, dan soda

Baik kopi, teh, dan minuman energi ternyata mengandung kafein yang cukup tinggi. Kandungan kafein ini dapat mengikis lapisan enamel pada gigi apabila dikonsumsi secara berlebihan, misalnya 2-3 kali dalam sehari, dan secara terus-menerus.

Baca Juga: Rambut Sering Rontok? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya

Tidak hanya itu, kandungan soda pada minuman berkarbonasi juga mengandung asam yang memberikan efek yang sama dengan minuman teh dan kopi tadi.

Selain kopi, teh, dan soda, ternyata minuman wine, dan kunyit juga dapat membuat gigi menguning berdasarkan noda yang ditinggalkan. 

3. Sering menggunakan obat kumur

Obat kumur yang biasanya kita gunakan saat menyikat gigi beberapa diantaranya mengandung kadar asam yang cukup tinggi, yang di mana apabila digunakan secara terus-menerus dapat merusak email gigi, dan membuat mulut menjadi kering.

Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Berselingkuh dengan 6 Cara Ini

Saat mulut terasa kering, air liur kita tidak akan bisa bekerja secara maksimal dalam membantu mengurangi tingkat keasaman, menjaga kelembapan mulut, serta mencegah noda-noda yang menempel pada lapisan enamel. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Musdar

Artikel Terkait
Baca Juga