adplus-dvertising

Awas, Ini 5 Efek Samping Terlalu Sering Mencatok Rambut

Sasmiraza, telisik indonesia
Kamis, 03 Maret 2022
497 dilihat
Awas, Ini 5 Efek Samping Terlalu Sering Mencatok Rambut
Penggunaan catokan rambut secara rutin akan membuat rambutmu berpotensi mengalami kerusakan permanen. Foto: Repro awal.id

" Menggunakan alat catok rambut untuk sebagian orang menjadi hal yang penting dan bahkan menjadi suatu kebutuhan yang wajib dilakukan "

KENDARI, TELISIK.ID - Menggunakan alat catok rambut untuk sebagian orang menjadi hal yang penting dan bahkan menjadi suatu kebutuhan yang wajib dilakukan.

Hal ini dikarenakan mencatok bisa membantu Anda mendapatkan rambut yang lurus atau ikal tanpa perlu jauh dan repot-repot pergi ke salon guna mempercantik style rambut.

Namun, sayangnya bila mencatok rambut tiap hari akan memberikan efek buruk bagi kesehatan rambut. Yuk, cari tahu apa saja bahaya mencatok rambut yang bisa terjadi bila dilakukan setiap hari, dilansir dari Suara.com - jaringan Telisik.id:


1. Rambut jadi kering

Salah satu bahaya catok rambut paling umum adalah seluruh helai rambut menjadi kering parah. Catok rambut akan membuat lapisan pada batang rambut semakin merekah dan pecah. Selain itu, rambut akan kehilangan kelembaban alaminya. Hal ini ditandai dengan mulai terlihatnya kusam dan keriting pada rambut jika Anda sedang tidak menggunakan catokan.

2. Alergi

Jika Anda mengalami rasa gatal, kulit kepala melepuh ataupun rambut yang rontok, itu merupakan salah satu reaksi alergi umum yang terjadi akibat dari bahaya catok rambut sehari-hari.

Dalam beberapa kasus, efek samping catok rambut mungkin akan muncul setelah beberapa hari menggunakannya. Jika sudah ada tanda-tanda alergi, lebih baik Anda segera  hentikan pakai catokan dan segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

3. Rambut Anda akan berubah selamanya

Salah satu bahaya laten dari catok rambut adalah menghilangnya jenis dan tekstur rambut asli Anda. Sebetulnya hal ini lebih sering terjadi jika menggunakan krim pelurus dan catokan agar tampilan rambut Anda bisa permanen. Begitu Anda meluruskan rambut secara permanen, sangat sulit untuk mengubah gaya rambutnya lagi.

4. Rambut rontok hingga mengalami kebotakan parah

Rontoknya rambut hingga kebotakan, merupakan salah satu bahaya paling mengerikan jika Anda masih sering menggunakan catokan rambut.

Efek samping klinis lainnya dari pelurusan rambut adalah rambut rontok yang parah. Selain itu, penggunaan bahan kimia sebelum mencatok dengan kualitas rendah akan merusak rambut hingga ke akar-akarnya. Dalam jangka panjang, folikel rambut menjadi lemah dan rambut Anda akan rontok terus berlanjut.

Baca Juga: Ingin Punya Anak, Hesti Panduwinata Bocorin Kondom Suami Pakai Peniti

Namun jangan khawatir, dikutip kumparan.com ada 5 cara meminimalisir kerusakan akibat sering memakai catok rambut. Cara-cara ini bisa membuat rambut Anda tetap sehat meski sering menggunakan catokan.

1. Selalu gunakan heat protectant spray atau serum sebelum mencatok rambut

Suhu panas yang ditimbulkan dari catokan bisa merusak protein penting dan menghilangkan minyak alami pada rambut. Karena itulah, rambut akan terasa kering dan kasar.

Untuk mencegah kerusakan ini terjadi, Anda harus selalu menyemprotkan produk heat protectant spray atau serum sebelum memulai aktivitas catok. Spray atau serum bertindak sebagai penghalang terhadap kerusakan dan juga bisa menjaga warna rambut tetap utuh.

2. Pilih catokan dengan suhu yang tepat

Pernah mencium bau terbakar saat mencatok rambut? Bisa jadi Anda salah memilih catok rambut yang tepat. Di pasaran banyak sekali produk catokan dengan harga dan kualitas yang beragam. Namun, usahakan untuk memilih catokan dengan pengaturan suhu yang bisa disesuaikan.

3. Jangan pernah mencatok di bagian rambut yang sama berulang kali

Hal yang lumrah sekali terjadi ketika mencatok rambut adalah meluruskan di bagian rambut yang sama berulang-ulang. Namun, kebiasaan ini harus dihindari karena bisa membuat ujung rambut jadi lebih kering dan akar cepat rusak.

Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan teknik pelurusan satu arah dengan lambat. Sehingga, Anda tak perlu mengulang pelurusan di area yang sama. Dengan demikian, hasilnya pun akan maksimal dengan rambut yang tetap sehat (karena tidak mendapat pemanasan dua kali).

4. Lakukan perawatan rambut secara teratur

Langkah keempat ini wajib dilakukan oleh mereka yang sering mencatok rambut setiap hari. Perawatan rambut bisa bantu memperbaiki rambut, dan membuatnya jadi lebih lembut dan sehat.

Baca Juga: Heboh Chef Devina Pamer Pisau Rp 42 Juta, Ini Deretan Pisau Mahal yang Bikin Geleng Kepala

Ada banyak sekali produk perawatan rambut di pasaran. Kamu bisa mencoba menggunakan masker rambut seminggu sekali di rumah.

5. Jangan pernah mencatok rambut dalam keadaan basah

Tak sedikit perempuan yang merasa memiliki kekurangan waktu saat melakukan penataan rambut. Karena kondisi itulah, mereka sering mencatok rambut dalam keadaan masih basah.

Menurut Lie Kuang, kebiasaan ini memang harus dihindari. “Mencatok rambut dalam keadaan basah bisa menghanguskan folikel rambut, yang tentunya berpengaruh dalam kesehatan rambut. Jika kebiasaan ini sering dilakukan, maka lama-kelamaan rambut menjadi rapuh, kering, dan mudah patah. Pastikan rambutmu benar-benar kering sebelum memakai catok rambut,” ujarnya. (C)

Reporter: Sasmiraza

Editor: Kardin

Artikel Terkait
Baca Juga