Awas, Konsumsi Sayuran Ini Berlebihan Ternyata Miliki Efek Samping

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 13 Januari 2024
0 dilihat
Awas, Konsumsi Sayuran Ini Berlebihan Ternyata Miliki Efek Samping
Tak semua sayur baik dikonsumsi, ada beberapa jenis sayuran jika dikonsumsi berlebihan justru memiliki efek samping. Foto: Kompas.com

" Makan sayur memberikan manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan cenderung berkurang risikonya terkena beberapa penyakit kronis karena sayuran mengandung nutrisi penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh Anda "

KENDARI, TELISIK.ID - Makan sayur memberikan manfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan cenderung berkurang risikonya terkena beberapa penyakit kronis karena sayuran mengandung nutrisi penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh Anda.

Namun, ternyata tak semua sayur baik dikonsumsi, ada beberapa jenis sayuran jika dikonsumsi berlebihan justru memiliki efek samping. Salah satunya adalah kangkung. Sayur ini adalah salah satu jenis sayuran yang umum dikonsumsi di Indonesia.

Kangkung yang punya nama latin Ipomoea aquatica ini dikenal memiliki tekstur yang renyah dan cocok dijadikan salah satu asupan serat tubuh. Tak hanya populer di Indonesia, kangkung juga banyak dikonsumsi di berbagai negara di Asia Tenggara seperti Filiphina dan Thailand seperti dilansir dari Hellosehat.com.

Kandungan vitamin A dalam sayur kangkung bisa membantu menjaga kesehatan mata pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam sayur kangkung juga bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Pencegahan Obesitas Pada Balita

Berikut efek samping mengonsumsi kangkung secara berlebihan diantaranya:

- Menimbulkan rasa kantuk

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam sayur kangkung bisa menyebabkan seseorang yang mengonsumsinya merasa ngantuk. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan kalium bisa berdampak pada saraf-saraf bagian kepala yang andil dalam mengatur keinginan untuk tidur.

- Asam urat

Terlalu banyak mengonsumsi kangkung bisa berbahaya untuk para penderita asam urat. Kandungan purin dalam sayur kangkung bisa menyebabkan kambuhnya penyakit asam urat pada pasien yang sudah sembuh. Efek yang akan ditimbulkan pada penderita asam urat adalah perasaan nyeri dan pembengkakan jika terlalu banyak mengonsumsi sayur kangkung.

- Bosan

Tak perlu disebutkan bahwa makan makanan, termasuk makan sayur, berulang kali menimbulkan kebosanan yang nyata. Kalau sudah begini, Anda mungkin akan berpikir untuk beralih ke makanan lain yang lebih menggiurkan, seperti junk food.

Baca Juga: Kenali Bahaya Seks Pra Nikah

- Kekurangan gizi

Tubuh Anda membutuhkan berbagai macam buah-buahan, sayuran, protein, dan biji-bijian untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi makro dan vitamin yang Anda butuhkan. Bergantung pada apa yang Anda makan, Anda dapat kekurangan gizi dengan membatasi diri pada beberapa kali makan atau beberapa porsi makanan

Makan sayur setiap hari memang dianjurkan untuk kesehatan Anda. Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan sayur yang sama setiap hari berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

Beberapa sumber, termasuk Office of Disease Prevention and Health Promotion menganjurkan untuk memakan berbagai macam sayur-sayuran setiap hari. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda setiap hari karena tidak ada satu jenis sayuran pun yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi Anda sekaligus.

Makan sayur dengan banyak jenis dan warna untuk memberi tubuh Anda campuran nutrisi yang dibutuhkan. Ini tidak hanya memastikan keberagaman yang lebih besar dari bahan kimia nabati, tetapi juga menciptakan makanan yang menarik mata, seperti dikutip dari Grid.id. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga