Bahaya Penggunaan Krim Abal-Abal

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Kamis, 23 Februari 2023
0 dilihat
Bahaya Penggunaan Krim Abal-Abal
Krim abal-abal juga bisa menampilkan berbagai macam ingredient tetapi belum tentu aman digunakan. Foto: Repro YouTube dr. Richard Lee

" Kandungan berbahaya dalam produk tanpa label BPOM dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan "

KENDARI, TELISIK.ID - Wajah yang bersih dan sehat menjadi impian setiap wanita agar tetap terlihat cantik, hingga berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan wajah sehat.

Namun, tidak sedikit dari mereka memilih jalur cepat dengan menggunakan krim abal-abal atau skincare yang tidak memiliki sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seperti yang dilakukan oleh salah satu remaja dari Kota Kendari, WM (20) yang mencoba menggunakan krim abal-abal tanpa sertifikat BPOM yang katanya bisa membuat kulit wajah lebih cepat cerah, bersih dan sehat.

"Saya pakai krim ini sudah kurang lebih satu bulan dan hasilnya memang bagus, jadi saya pakai terus," ujar WM, Kamis (23/2/2023).

Owner Zesya Aesthetic Clinic, dr Helmina M Biomed mengatakan, kandungan berbahaya dalam produk tanpa label BPOM dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seperti, untuk penggunaan merkuri, kandungan ini dapat menyebabkan perubahan warna kulit, iritasi, alergi, kerusakan permanen pada susunan saraf otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin (teratogenik).

Baca Juga: Handbody Racikan Trand dan Banyak Digunakan Wanita Ternyata Berbahaya

"Usahakan kenali skincare yang akan digunakan. Biasanya skincare untuk tipe krim dengan kandungan berbahaya memiliki tekstur yang sangat janggal, tekstur krimnya sangat lengket seperti lem dan kasar, apabila disentuh krim dapat terangkat oleh jari hingga cukup tinggi saking lengketnya," ujarnya.

Ia menambahkan, apabila didiamkan cukup lama, minyak dari cream juga akan terpisah dari bagian yang padat. Jadi pandai-pandailah mencari skincare utamanya wajib mengetahui komposisi krim yg akan dipakai.

Baca Juga: Ini Deretan Negara Pengguna Tiktok Terbesar, Indonesia Masuk

Pemakaian krim abal-abal dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan kanker kulit. Hal ini dikarenakan bahan berbahaya yang terkandung di dalam krim bisa menumpuk pada jaringan kulit, merusak jaringan kulit tersebut, dan pada akhirnya bisa menimbulkan kanker kulit.

Selain itu, Dr. Richard Lee dalam akun Youatubenya juga mengatakan, modus penjual skincare seperti produk kecantikan krim abal-abal selalu membawa-bawa nama BPOM.

"BPOM ini selalu dibawa-bawa, kasihan, karena apa? Kalau orang Indonesia itu kalau BPOM sudah langsung percaya, itu bagus banget. Jadi kamu harus tahu skincare BPOM itu yang bagaimana," tandasnya. (A)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga