Bahaya Penggunaan Masker Wajah Secara Berlebihan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Sabtu, 26 Agustus 2023
0 dilihat
Bahaya Penggunaan Masker Wajah Secara Berlebihan
Masker juga produk perawatan kulit yang tersedia untuk berbagai jenis kulit dan menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Foto: hellosehat.com

" Masker wajah merupakan salah satu perawatan agar kulit bersih dan bersinar. Selain memiliki banyak manfaat untuk wajah, masker juga jadi salah satu produk skincare yang mudah ditemui di pasar "

KENDARI, TELISIK.ID - Masker wajah merupakan salah satu perawatan agar kulit bersih dan bersinar. Selain memiliki banyak manfaat untuk wajah, masker juga jadi salah satu produk skincare yang mudah ditemui di pasar.

Seperti produk skincare lainnya, masker wajah juga produk perawatan kulit yang tersedia untuk berbagai jenis kulit dan menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Masker wajah biasanya akan digunakan untuk waktu yang singkat saja, yakni selama 15 sampai 20 menit untuk kemudian dibilas dengan air.

Walaupun menggunakan masker memberi manfaat untuk kesehatan kulit wajah, tetapi penggunannya yang terlalu sering dapat memberikan efek samping pada kulit wajah. Selain membantu mengoptimalkan penyerapan, salah memakai masker dapat berisiko menimbulkan masalah di area kulit wajah.

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar: Tempe Obat Maag Terbaik

Dilansir dari CNN Indonesia.com, penggunaan masker setiap hari dapat menimbulkan jerawat, Jika tidak membersihkan masker hingga bersih, sisa masker bisa menutup pori dan akhirnya berubah menjadi jerawat. Jadi, harus memperhatikan frekuensi pemakaian sekaligus membersihkan masker secara keseluruhan.

Salah satu fungsi masker wajah adalah menyerap minyak dan kotoran yang ada di pori-pori. Tentunya, hal tersebut sangat berguna apabila kamu menggunakan masker secara ideal. Tetapi, minyak alami pada kulitmu bisa berdampak baik agar kulit tetap terhidrasi. Penggunaan masker wajah yang berlebihan bisa menghambat produksi minyak alami kulit yang sebenarnya bermanfaat bagi kelembapan kulit.

Seorang perias wajah di Kota Kendari, Ananda Mira Wati mengatakan, biasanya kulit wajah yang gunakan masker secara berlebihan membuat kulit menjadi kering dan bisa menimbulkan jerawat, sehingga sulit untuk ditimpa makeup.

“Saya sering mendapati perempuan-perempuan yang mau di makeup tapi kulit wajahnya kering dan mereka mengakui sering menggunakan masker untuk menghilangkan jerawat tetapi tidak tau jangka pengguannya,” ujar Ananda pada Sabtu (26/8/2023).

Melansir dari Hellosehat.com, Masker wajah sebaiknya cukup digunakan 1 sampai 2 kali seminggu selama 20 menit. Hal ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan bagi kulit wajah Anda untuk bernapas.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Baik Bagi Penderita Jerawat

Penggunaan masker juga tergantung dari jenis maskernya, seperti masker bubuk digunakan 1-2 kali seminggu, Clay mask 1-2 kali seminggu, Sheet mask hidrasi bisa digunakan setiap hari, Sheet mask eksfoliasi digunakan 1-2 kali seminggu dan Sleeping mask bisa digunakan setiap hari.

Masker bubuk dan clay mask umumnya mengandung tanah lempung dengan jenis bentonite dan kaolin. Kedua bahan ini kaya mineral dan biasanya dikombinasikan dengan masker ekstrak buah yang bisa menutrisi kulit. Bahan ini juga bekerja dengan cara mengangkat minyak berlebih sekaligus mengeksfoliasi.

Jadi, sebaiknya gunakan 1-2 kali seminggu saja. Sedangkan maskeran 1-2 kali seminggu juga berlaku pada sheet mask eksfoliasi. Jenis masker ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Namun terlalu sering eksfoliasi justru menimbulkan masalah kesehatan kulit lainnya. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga