Balon Bupati Buton Utara Abu Hasan Komitmen Bangun Daerah dan Berikan Subsidi

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 08 Agustus 2024
0 dilihat
Balon Bupati Buton Utara Abu Hasan Komitmen Bangun Daerah dan Berikan Subsidi
Bakal Calon Bupati Buton Utara, Abu Hasan saat diwawancarai telisik.id di kediamannya. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Bakal calon (calon) Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan, menyatakan siap bertarung di pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 serta berkomitmen membangun daerah dan masyarakat yang berbudaya, religius, maju, dan sejahtera "

KENDARI, TELISIK.ID - Bakal calon (calon) Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan, menyatakan siap bertarung di pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 serta berkomitmen membangun daerah dan masyarakat yang berbudaya, religius, maju, dan sejahtera.

Komitmen untuk memajukan Butur oleh Abu Hasan dituangkan ke dalam lima program besar yang salah satunya adalah sektor ekonomi.

Sektor ekonomi yang dimaksudnya yakni ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada pertanian, peternakan, perikanan, dan kelautan. Khusus kelautan fokus usaha pada pengembangan rumput laut dan usaha tangkap ikan masyarakat yang sudah menjadi kearifan lokal di Butur.

“Masyarakat butuh konsep dan implementasi dari pemerintah daerah. Dan yang paling mendesak sektor substansial tersebut pemerintah harus hadir dalam bentuk subsidi petani, nelayan, peternakan, usaha masyarakat harus subsidi,” paparnya kepada telisik.id, Kamis (8/8/2024).

Baca Juga: Ma'ruf Amin Tengahi Ketegangan PBNU-PKB, Wapres: Jangan Temui Saya untuk Cari Peluru

Mantan Bupati Butur periode 2016-2021 ini mengatakan pemerintah harus hadir untuk menjadi kekuatan masyarakat dalam sektor ekonomi. Menurut Hasan, tidak bisa membiarkan masyarakat mengandalkan kekuatan individu karena biaya produksi untuk sektor tersebut tinggi.

“Misalnya dulu program zaman saya jadi bupati, petani kami berikan subsisi untuk buka lahan Rp 2,5 juta per hektar. Selain itu ada subsidi bibit, pangan, beras, dan nonberas. Di Butur juga yang diorganikan bukan hanya beras (tapi) juga nonberas diorganikkan dan disubsidi,” tuturnya.

Upaya lain yang akan dilakukan Hasan adalah membangun pabrik di daerah sehingga bisa menopang pengelolaan pupuk maupun bibit pertanian.

“Pabrik pupuk organik juga pabrik pestisida organik semuanya terbuat dari organik sehingga biaya produksi mereka rendah, (bahkan) hampir tidak ada biaya produksi,” katanya.

Program ini, menurut Hasan, sudah berjalan semasa dirinya menjabat Bupati Butur walau sempat menghadapi pandemi Covid-19 tetapi masih bisa melakukan ekspor ke luar negeri.

Hasan berharap program-program tersebut akan terus ditingkatkan dan mewujudkan harapan rakyat untuk hidup lebih baik jika dirinya kembali diberi amanah memimpin Butur.

Baca Juga: Survei SMRC, Warga Kendari Inginkan Wali Kota Jujur dan Bersih dari Korupsi

“Maju sebagai balon Bupati Butur semata-mata untuk masyarakat dan memajukan ekonomi masyarakat menuju kesejahteraan,” katanya.

Hasan mengaku tengah berkomunikasi intens dengan beberapa partai politik untuk memberikan dukungan. Dia menyebut salah satunya Partai Gerindra.

Warga Buton Utara, Hendri, mengungkapkan hal penting yang harus diperhatikan untuk pembangunan di daerahnya oleh para balon bupati adalah terutama menyangkut pemerataan infrastruktur.

“Jalannya sampai  sekarang belum bagus-bagus, terus jaringan internet, dan listrik penerangan belum merata,” kata Hendri. (Adv/B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Mustaqim

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga