Bappeda Sultra Persiapkan Diri Menuju Musrembang Regional Sulawesi

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Jumat, 11 Maret 2022
0 dilihat
Bappeda Sultra Persiapkan Diri Menuju Musrembang Regional Sulawesi
Pertemuan perencanaan Musrembang Regional Sulawesi. Foto: Ibnu/Telisik

" Penyelenggaraan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Regional Sulawesi akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini "

KENDARI, TELISIK.ID - Penyelenggaraan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) Regional Sulawesi akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Hal itupun memacu Bappeda Sultra untuk mempersiapkan diri terkait isu yang akan dibawa pada saat Musrembang nanti. Mulai dari target pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi hingga pengoptimalan infrastruktur.

Kepala Bappeda Sultra, J Robert menyampaikan, perencanaan hari ini dalam rangka menciptakan konektivitas antar kawasan strategi khusus yang ada di Sulawesi.

"Kita ketahui Pulau Sulawesi ini satu daratan yang secara administrasi terbagi menjadi 6 provinsi. Makanya ada kebutuhan yang harus selesaikan bersama mulai dari pengelolaan dan pemanfaatan ruang," katanya.

Baca Juga: Naik Pesawat di Bandara Haluoleo Tak Perlu Lagi PCR dan Swab Antigen

Lanjut Robert, terkait infrastruktur yang perlu dikembangkan adalah jalan trans Sulawesi yang menghubungkan pusat pertumbuhan maupun produksi yang ada di Sulawesi dalam peningkatan perekonomian.

Baca Juga: Dishub Kendari Gelar Orientasi Lalulintas ke Anggota

Selanjutnya bandar udara seperti di Sultra yang sedang diusahakan menjadi taraf internasional, mulai dari perpanjangan landasan dan lainnya.

"Juga dengan adanya perpindahan ibu kota ke Kalimantan artinya peran Sulawesi ini strategis sebagai penyuplai perekonomian," tambahnya.

"Peluang ini juga memang perlu kita bahas walaupun saat ini kita belum dirasakan tetapi dalam jangka panjang itu menjadi arah kita," pungkasnya. (C-Adv)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga