Baru Bebas Anas Urbaningrum Langsung Bicara Demokrasi, Siap-Siap SBY Terkejut

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Selasa, 11 April 2023
0 dilihat
Baru Bebas Anas Urbaningrum Langsung Bicara Demokrasi, Siap-Siap SBY Terkejut
Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum resmi bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023) sekitar pukul 13.30 WIB. Foto: detik.com

" Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum resmi bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023) sekitar pukul 13.30 WIB "

JAKARTA, TELISIK.ID - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum resmi bebas bersyarat dari Lapas Sukamiskin, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023) sekitar pukul 13.30 WIB.

Ia menjalani program cuti menjelang bebas (CMB) dengan tetap wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) Bandung.

Anas Urbaningrum langsung disambut oleh ratusan sahabat yang sudah menunggu di halaman Lapas Sukamiskin sejak pagi. Ia dilepas oleh Kepala Lapas Sukamiskin Kunrat Kasmiri.

Baca Juga: Taring Mahfud MD Soal Transaksi Rp 349 Triliun, Libatkan BIN Lakukan Ini Buat Tangkap Oknum

Dia bicara di atas panggung kecil di Lapas Sukamiskin, Bandung yang disediakan para simpatisannya.

"Kepada para aktivis, dalam tradisinya, pertandingan dan kompetisi itu hal yang biasa. Tetapi buat saya pertandingan dalam konteks demokrasi itu adalah pertandingan yang jujur terbuka dan objektif," kata Anas dilansir dari CNNIndonesia.com.

Dia menyampaikan aktivis tidak mungkin dipisahkan dari komitmen untuk Indonesia yang lebih baik.

Demi mencapai itu semua, dalam konteks demokrasi, Anas mengatakan kompetisi harus dilakukan secara jujur dan terbuka.

"Dan objektif, tidak boleh menggunakan pihak lain," ucap Anas.

Dia juga menegaskan tidak pernah ada iktikad untuk bermusuhan. Anas membantah jika ada yang menganggapnya suka bermusuhan.

"Saya tidak ada kamus pertentangan, permusuhan. Kamus saya adalah perjuangan keadilan. Andai dalam perjuangan dan keadilan itu ada yang merasa bermusuhan saya mohon maaf karena itu adalah konsekuensi penegakan keadilan," kata dia.

Baca Juga: Tenaga Honorer Bakal Dihapus per November 2023

Melansir Okezone.com, Anas akan menyorot ke rekannya dulu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia akan menyampaikan pidato kejutan soal SBY.

Hubungan Anas dan SBY diketahui merenggang semenjak dirinya terpilih menjadi Ketua Umum Partai berlambang Mercy itu. Hingga akhirnya Anas terjerat kasus korupsi terkait proyek Pusat Pelatihan, Pendidikan dan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Pidato kejutan tersebut ada kaitannya dengan Presiden ke-6 RI SBY yang juga merupakan rekan sejawat Anas Urbaningrum saat dirinya masih ada di kepengurusan DPP Partai Demokrat pada 2013 silam. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga