Bawaslu Ingatkan Orang Tua Tak Libatkan Anak-anak dalam Kampanye

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Minggu, 13 September 2020
0 dilihat
Bawaslu Ingatkan Orang Tua Tak Libatkan Anak-anak dalam Kampanye
Ilustrasi pelibatan anak dalam kampanye politik. Foto: google

" Keluarga untuk tidak mengizinkan atau mengajak anak-anak dalam kampanye Pemilu. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), mengingatkan orang tua tidak melibatkan anak-anak dalam kampanye  Pilkada.

Ketua Bawaslu RI, Abhan menyampaikan, orang tua biasanya berdalih memberikan pendidikan politik kepada anak tidak bisa dijadikan alasan.

“Keluarga untuk tidak mengizinkan atau mengajak anak-anak dalam kampanye Pemilu,” kata Abhan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/9/2020).

Abhan menyayangkan isu perlindungan anak dalam kegiatan politik masih dianggap kurang menarik. Buktinya, calon kepala daerah (Cakada) kerap mengedepankan isu umum seperti kemiskinan, sembako dan lapangan pekerjaan.

Baca juga: Terbukti Gunakan Narkotika, Bapaslon Gugur

Mantan Ketua Bawaslu Jawa Tengah itu menyebut, isu perlindungan anak masih dianaktirikan karena tidak relevan dengan program Cakada. Sebab, anak-anak bukan kategori pemilih.

“Mendekati (perlindungan) anak dianggap bentuk kesia-siaan dan kecenderungan kandidat lebih tertarik dengan pemilih yaitu orang dewasa,” tutur Abhan, dilansir Medcom.id

Dia juga menyayangkan dalih orang tua melibatkan anak dalam kampanye sebagai bentuk pendidikan politik. Argumen itu dinilai kurang tepat.

“Seharusnya (pendidikan politik) dilakukan jauh-jauh hari sebelum kampanye,” pungkasnya.

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Kardin

TAG:
Artikel Terkait
Baca Juga