Bawaslu Muna Barat Kuatkan Pengawasan pada Seluruh Tahapan Pilkada

Putri Wulandari, telisik indonesia
Sabtu, 22 Juni 2024
0 dilihat
Bawaslu Muna Barat Kuatkan Pengawasan pada Seluruh Tahapan Pilkada
Bawaslu Muna Barat memberikan bimtek ke panwascam salam menguatkan kapasitas pengawasan di pilkada mendatang. Foto: Ist

" Menguatkan kapasitas dalam pengawasan tahapan Pilkada, Bawaslu Muna Barat menekankan agar seluruh tahapan tidak terlewati untuk diawasi "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Menguatkan kapasitas dalam pengawasan tahapan Pilkada, Bawaslu Muna Barat menekankan agar seluruh tahapan tidak terlewati untuk diawasi.

Diketahui, seluruh Panwascam Muna Barat diberikan bimtek oleh Bawaslu Muna Barat, beserta dua narasumber lainnya yaitu Ferdinan Murni Hamundu, dan Munsir Salam, di RH Hotel, Kecamatan Tiworo Tengah, Sabtu (22/6/2024).

Kordiv HP2H Bawaslu Muna Barat, La Ode Muhammad Karman mengatakan, penyingkronan daftar pemilih yang lama dan terbaru akan dilaksanakan mulai 24-25 Juli 2024, sehingga pihaknya melakukan bimtek terhadap panwascam.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Tegaskan Penarikan Retribusi di Tempat Wisata Muna Barat Adalah Pungli

Untuk itu, setelah dilakukanya bimtek ini, panwascam diharapkan dapat memberikan bimtek ke PKD sebagai bentuk penguatan kapasitas dalam mendampingi pemutakhiran data di PPS yang dikawal oleh pantarlih.

Sehingga ia mengharapkan, seluruh penyelenggara terutama PKD dapat bekerja dengan profesional dan menghindari masalah lainnya salah satunya daftar pemilih ganda.

Ia juga meminta panwascam agar untuk terus berkoordinasi agar setiap tahapan tidak boleh terlewatkan dari pengawasan yang dilakukan oleh PKD serta telah melakukan supervisi dan terus mendampingi PKD.

"Bimtek ini juga sebagai bentuk evaluasi bagi panwascam yang telah diberikan materi oleh beberapa narasumber," ujarnya.

Baca Juga: Bawaslu Muna Barat Tingkatkan Kapasitas Pengawasan Bagi Panwas

Sementara itu, Ketua Panwascam Tiworo Tengah, Dedi Setiawan mengatakan, setelah menerima materi dari beberapa narasumber terkait pemutakhiran data ini, pihaknya akan menyampaikan materi dengan baik sesuai dengan apa yang telah didapatkannya ke PKD, sebab PKD merupakan ujung tombak.

Kemudian, untuk arahan yang diberikan oleh pimpinan Bawaslu pihaknya akan semaksimal mungkin untuk terus bekerja secara profesional berdasarkan syarat dan ketentuan sehingga seluruh tahapan tersebut tetap terpantau dalam pengawasan.

"Kami bekerja semaksimal mungkin, sebab bimtek-bimtek yang diberikan ini juga akan diterapkan," pungkasnya. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga